Dibangun Pasar Wisata Sore Desa Kecapi

Jepara, ISKNEWS.COM – Pembangunan sektor pariwisata tengah digenjot oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Hal ini, ditangkap sebagai peluang beberapa wilayah/desa untuk mengangkat potensi lokalnya. Mengembangkan hasil potensi kelompok masyarakat sekitar, dibangun pasar wisata sore Desa Kecapi Kecamatan Tahunan. Peletakan batu pertama, dilaksanakan pada Minggu (13-5-2018) sore, oleh Camat Tahunan Ratib Zaini, dan ratusan warga yang menyambut antusias berdirinya pasar wisata tersebut.

Penanggung jawab (Pj) Petinggi Desa Kecapi Ahmad Widiyanto, mengatakan, pasar wisata ini, berada di RT 23 RW 04, dengan memanfaatkan lahan desa seluas 400 meter2. Pasar ini dapat dijumpai pengunjung mulai pukul 15.00 Wib sampai 18.00 Wib. Banyak produk dan makananan, yang bisa dinikmati secara langsung. “Sebenarnya, ada sekitar 1000 meter2 lahan milik desa di lokasi tersebut, namun baru sebagian yang dimanfatkan untuk pasar,” kata dia.

Disebut pasar wisata sore, selain berbelanja, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam sekitar, sembari mendengarkan alunan musik thongtek. Lokasi pasar ini juga sangat strategis, karena berada di tengah desa. Selain itu, menjadi jalur menuju Desa Lebak, Kecamatan Pakis Aji.

Diharapkan pasar wisata sore ini, menjadi embrio untuk berdirinya pasar desa. Karena selama ini, Desa Kecapi, belum mempunyai pasar yang representatif. Meskipun dulu pernah ada, namun pasar tersebut, berdiri diatas tanah warga.

Untuk pembangunan los nantinya, direncanakan menghabiskan sekitar Rp. 35 juta rupiah. Sedangkan pembangunan penunjuang seperti taman bermain, perbaikan fasilitas Mushola, akses jalan, telah disusulkan kepada pemerintah untuk bisa dibantu melalui APBD 2019. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Pasar Wisata Sore