Gandeng Pengrajin Batik, SMK Negeri 3 Pati Ajari Siswa Membatik

Pati,ISKNEWS.COM – Keterampilan membatik saat ini mulai menjadi materi pembelajaran di tiap sekolah, terlebih setelah UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia. Untuk menumbuhkan kecintaan para generasi muda terhadap batik, lembaga pendidikan formal pun turut bertanggung jawab. Hal itu diujudkan dengan membekali para siswanya dengan keterampilan membatik, seperti yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pati.

Dengan mendatangkan guru tamu atau tutor pemilik rumah industri batik di Juwana, para siswa SMK Negeri 3 dilatih teknik membatik. Para siswa pun nampak tertarik untuk mempelajarinya. Sejumlah guru tata busana juga turut serta dalam pelatihan tersebut.

Tak hanya sebatas teori, pelatihan itu juga dilakukan dengan praktik secara langsung. Ada beberapa motif yang diajarkan dan dipraktikkan hingga menjadi kain batik siap digunakan. Pelatihan juga dilakukan mulai dari proses pembuatan motif, metode pembuatan, pewarnaan hingga kreasi kain menjadi pakaian jadi.

Kepala SMK N 3 Pati Sunoto mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan ketrampilan bagi para siswa. Diharapkan lulusannya akan memunculkan pengrajin batik baru di Kabupaten Pati.

“Kami sengaja menghadirkan pelatih dari dunia industri juga agar para siswa bisa tahu bagaimana setiap tekhnis dalam produksi batik. Bila mampu membuat sesuai keinginan dunia industri, tentu akan menjadi semakin mudah terserap menjadi tenaga kerja baru,” terangnya.

Bahkan ia berharap nantinya peserta didik di SMK N 3 Pati bisa memunculkan motif maupun tekhnik baru dalam kreasi batik. Sehingga nantinya kerajinan batik di Pati bisa semakin ramai dan kaya.

“Sedangkan untuk hasil batik yang telah jadi akan kami pamerkan sebagai kerajinan para siswa. Kebetulan sekarang ini kami juga telah memiliki techno park atau ruang hasil produksi,” imbuhnya.(IN)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Hari Batik NasionalMembatik