Gelar Sosialisasi Pengadaan Barang Melalui E-Katalog

Jepara, ISKNEWS.COM – Transparansi sistem pengadaan barang dan jasa terus diupayakan oleh berbagai pihak. Salah satunya dilakukan oleh Lembaga Kebijakan Pengasaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang bekerjasama dengan Bhinneka, mengadakan sosialisasi e-katalog. Kegiatan dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP), dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pada Selasa, (7-8-2018), di D’Season Hotel Bandengan Jepara.

Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman pemerintah daerah mengenai manfaat pengadaan barang melalui e-katalog. E-katalog ini menjadi instrument baru dalam menciptakan pengadan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. “Hanya perlu melakukan log in dan transaksi melalui https://e-katalog.lkpp.go.id.” kata dia.

Ia optimis, dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam membeli produk pemrintah dapat memilih dan menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, informasi spesifikasi, harga dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak.

Disampaikan, informasi harga dan spesifikasi barang/jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP bersifat terbuka. Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan control. Pembeli, dalam hal ini pokja, dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia. “Jadi kita dengan medium (e-katalog), meng-create pasar dan harus terbuka harganya. Jadi ini semacam crewd control. Dengan demikian public bisa mengawasi langsung,” kata dia.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
E-KatalogIskjepara