Gugatan Sengketa Pilbup Jepara Ditolak MK

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk menolak gugatan perselisihan hasil pemilihan (PHP)  Kabupaten Jepara yang diajukan oleh paslon nomor urut 1 Subroto – Nur Yahman. Pembacaan amar putusan sengketa nomor 2/PHP.BUP.XV/2017 itu dilakukan oleh Ketua MK Arif Hidayat dalam sidang pleno terbuka yang dihadiri 9 hakim MK, Senin, (3/4/2017) sekitar pukul 10.05 WIB.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-4918360277293205" data-ad-slot="1144672621">

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Komisioner KPU Jepara Anik Sholikhatun yang turut hadir di sidang itu. Menurut Anik, hasil putusan perkara sengketa perselisihan hasil pilkada itu tidak dapat diterima. Dalam amar putusannya MK menerima  eksepsi termohon yakni KPU Kabupaten Jepara. Dengan demikian, kata Anik, secara tidak langsung putusan MK ini menguatkan SK KPU Kabupaten Jepara Nomor 36 tentang penetapan hasil rekapitulasi hasil pilbup Jepara 2017.

“Pasca putusan ini, dalam waktu maksimal tiga hari ke depan, kita akan menetapkan pemenang di Pilbup Jepara 2017,” imbuhnya.

Sementara itu, cabup Paslon 1 Subroto menanggapi santai putusan MK itu. Dirinya menilai hak MK untuk menolak gugatan yang diajukannya. Bagi dirinya, upaya hukum yang dilakukannya, untuk mencari kebenaran bukan semata-mata untuk mencari kemenangan.
“Yang ditolak ini belum substansinya, tapi ya kita terima saja,” kata Subroto, Senin (3/4/2017).

Ditanya terkait dengan upaya hukum lainnya, lanjut Subroto, semuanya tergantung partai pengusung. Menurutnya, masih bisa menempuh jalur hukum melalui DKPP maupun PTUN. “Paslon itu kan ibarat pengantin, sehingga semuanya tergantung parpol pengusungnya. Yang jelas saat ini saya menerima putusan ini,” imbuhnya.

Yang terpenting, bagi dirinya, bukan masalah menang atau kalah, semua ini dilakukan agar proses demokrasi khususnya di Jepara makin baik. Jika sekarang ditemukan kecurangan-kecurangan, harapannya tidak ada lagi di pilkada-pilkada di masa mendatang.

Seperti diketahui, paslon Subroto-Nur Yahman mengajukan gugatan di MK, lantaran menilai terdapat kecurangan. Diantara yang menjadi salah satu keberatan yang jadi dasar pengajuan gugatan yakni ditariknya lebih dari 53 ribu form C6 oleh KPU Jepara. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Gugatan Sengketa Pilbup
Komentar (1)
Tambah Komentar