Kisah Cinta Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku

Kudus, ISKNEWS.COM – Salah satu kisah percintaan yang begitu legendaris, terlahir di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Kisah tersebut berasal dari perjalanan cinta Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku.

Menurut kisah leluhur, Dewi Nawangsih merupakan putri Sunan Muria yang cantik jelita. Cantiknya paras Dewi Nawangsih banyak meluluhkan hati lelaki, salah satunya adalah murid Sunan Muria yang bernama Raden Bagus Rinangku.

Raden Bagus merupakan anak dari Sultan Agung dari Kerajaan Mataram, yang menimba ilmu kepada Sunan Muria. Ia juga menjadi salah satu murid Sunan Muria yang tergolong pandai. Kepintaran dan wajah Raden Bagus yang rupawan, ternyata mampu menimbulkan benih-benih asmara dihati Dewi Nawangsih.

Perasaan cinta yang tumbuh di hati kedua anak muda ini ternyata berjalan mulus. Dewi Nawangsih ternyata, telah dijodohkan dengan salah satu murid Sunan Muria yang bernama Muthomakin. Akan tetapi Dewi Nawangsih menolak hal tersebut.

Suatu ketika, Sunan Muria memberi tugas kepada Raden Bagus untuk pergi ke suatu sawah yang ada di daerah Masin. Karena rasa tawaduknya kepada Sang Sunan, bergegaslah ia menuju persawahan tersebut. Di sana, ia melihat sawah tersebut dipenuhi oleh padi yang telah menguning dan merunduk.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Dewi NawangsihKisah Cinta