Komisi C Temukan Pemanfaatan Hibah Tak Tepat Sasaran

Jepara, ISKNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Jepara setiap tahunnya mengucurkan anggaran ratusan juta untuk bantuan hibah kepada sejumlah Kelompok Usaha Bersama (Kube). Bantuan ini harapannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ekonomi kelas bawah, agar bisa lebih berdaya. Hanya saja, monitoring yang dilakukan oleh Komisi C DPRD Jepara ke beberapa Kube, didapati bahwa bantuan hibah tersebut penyaluran atau pemanfaatannya belum tepat.

Monitoring Komisi C ini mendapati setidaknya dua Kube yang masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 Juta. Bantuan yang digunakan untuk beternak kambing ini seharusnya sasarannya untuk masyarakat tidak mampu, namun kenyataannya justru salah sasaran, dan diberikan kepada warga mampu bahkan memiliki mobil. “Kami berharap bantuan hibah yang diberikan oleh pemerintah digunakan sebagaimana mestinya,” kata anggota Komisi C DPRD Jepara Achmad Sholikhin.

Selain kedua Kube di Kecamatan Mlonggo, Komisi C juga melakukan monitoring ke kube di Desa Bulungan, Kecamatan Pakisaji. Bantuan sebesar Rp 10 Juta yang dikucurkan, oleh Kube ini digunakan untuk usaha pembibitan lele.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Komisi C