Memiliki Segudang Potensi, Karangrowo Menuju Rintisan Desa Wisata

Kudus, ISKNEWS.COM – Kirab Budaya Apitan Kaliyoso yang mengangkat napak tilas perjalanan Prabu Brawijaya V di daerah tersebut menjadi salah satu potret kentalnya kebudayaan masyarakat Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Rangakaian budaya apitan tersebut mengupas tuntas perjalanan Prabu Brawijaya V, dari perjalanannya ke Karangrowo hingga terbentuknya dukuh Kaliyoso.

Kepala Desa Karangrowo, Heri Darwanto menerangkan rangkaian kegiatan Budaya Apitan Kaliyoso ini dibuka dengan kegiatan istighosah dan napak tilas Prabu Brawijaya V yang dihadiri oleh Bupati terpilih, Tamzil, pada Sabtu (04-08-2018) lalu. Dalam kegiatan napak tilas tersebut, penonton dipukau dengan aksi penari yang menceritakan perjalanan Prabu Brawijaya V ke Karangrowo.

Visualisasi sejarah dukuh Kaliyoso, desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, kabupaten Kudus, Rabu (08-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

 

Dari kegiatan tersebut, kemeriahan budaya apitan masuk ke dalam acara kirab yang diikuti oleh ratusan warga dari anak-anak hingga dewasa, pada Rabu (08-08-2018). Setelah berkeliling dukuh Kaliyoso, rombongan kirab menuju Petilasan Prabu Brawijaya V sebagai lokasi finish. Di lokasi tersebut, penonton dan peserta kirab dipukau dengan visualisasi sejarah dukuh Kaliyoso. Lalu ditutup dengan doa bersama dan rebutan gunungan.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
KarangrowoRintisan Desa Wisata