Menyulap Sampah dan Lingkungan Menjadi Taman Edukasi

Pati, ISKNEWS.COM – Banyak sampah yang akhirnya hanya mengotori lingkungan. Padahal, jika sampah dikelola dengan baik, akan sangat menghasilkan. Pemanfaatan sampah ditangan orang-orang kreatif dan peduli, terbukti mampu mengdatangkan pundi-pundi rupiah. Tetapi, sejauh ini edukasi kepada masyarakat tentang pengolahan dan pemanfaatan limbah masih sangat minim.

Komunitas Pangan Sehat (KPS) yang beranggotakan para pegiat kuliner di Pati, menangkap hal itu. Dengan berbagai keahlian mereka, para anggota KPS saling bahu-membahu memanfaatkan sampah dan lahan yang ada, guna dijadikan taman edukasi.

Dalam taman tersebut, menurut penuturan Rusmani, yang mengomandani komunitas tersebut, pengunjung akan diajarkan berbagai hal yang berhubungan dengan pengolahan sampah, membuat kerajinan dari limbah, peternakan dan pemanfaatan lingkungan.

“Pengunjung akan diajarkan cara membuat kompos, briket sampah, budi daya ikan sistem organik, serta kerajinan dari limbah sampah,” ungkapnya saat ditemui Sabtu, (10-02-2018).

Selain itu, lanjutnya, juga ada budidaya sayuran sehat mulai dari pengolahan sampai dengan pemasarannya, sedangkan untuk peternakan ada budidaya ayam petelur.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Menyulap SampahTaman Edukasi