Pagelaran Wayang 30 Jam Non Stop Dalam Rangka Peringati Hari Wayang Sedunia

 

Surakarta, isknews.com – Dalam Rangka Menyambut Hari Wayang Sedunia 2015, ISI Surakarta memeriakan dengan berbagai pagelaran wayang yang dimulai hari ini (7/11) tepat Hari Wayang Sedunia dan telah dibuka kemarin (6/11). Salah satu pagelaran wayang yaitu pementasan wayang 30 jam yang diselenggarakan di halaman Rektorat ISI Surakarta yang dimulai pukul 10.00 WIB .

 

Pementasan wayang dibuka oleh penampilan Dalang ternama, Ki Manteb  Soedharsono. Ki Manteb juga bagian dari ISI, yaitu Empu Paripurna Jurusan Pedalangan ISI Surakarta. Ki Manteb yang membawakan cerita wayang berjudul Babat Wanamarta ini begitu semangatnya memainkan wayang tersebut. Dalang Setan, banyak orang mengenal dalang ini dengan sebutan itu, karena begitu terampilnya Dalang yang bertempat tinggal di Karang Pandan ini. Cerita yang dibawakannya begitu menyatu, rasa dan dialognya pun bisa sampai ke para penopnton.

 

Pengiring gamelan dan sinden dari penampilan Ki Manteb pun dibawa oleh Ki Manteb sendiri dari Sanggar Bima. Untuk persiapan pementasan tidak membutuhkan waktu lama, karena begitu seringnya Ki Manteb melakukan pentas pewayangan di berbagai daerah membuat Ki Manteb sudah terlatih dengan baik, dengan penampilan yang begitu apik dan sempurna. Berbeda dengan Dalang pemula, bukan hanya menguasai keterampilan, gendhing vocal suara, gerak wayang, dan bisa membawa rasa kepada penonton pun harus dikuasai, dan untuk bisa menguasai itu ada proses dan job terbang yang banyak pun pasti berpengaruh dalam cara pementasan seorang dalang.

 

“Secara tuntunan, cerita yang dibawakan Ki Manteb bagus, cara dia memainkan wayang ini begitu apik dan terampil karena Ki Manteb ini memang seorang Dalang terkenal, setingkat Anom Suroto” ujar Muhammad Randyo dosen ISI Surakarta.(7/11)

 

Selain penampilan Ki Manteb, ada 33 Dalang lagi yang siap mementaskan pewayangan di ISI Surakarta. Ada yang menarik dalam pementasan wayang ini, Ki Robby Wignyocarita merupakan Dalang keturunan Cina asal malang dan 1o Dalang Bocah yang turut pentas di pagelaran Wayang kemarin. (7/11)

 

Amalia Zulfana

KOMENTAR SEDULUR ISK :