Pupuk Rasa Kemanusiaan dan Solidaritas, PMI Kudus Gelar Rangkaian Kegiatan Sosial

Kudus, ISKNEWS.COM – Guna memupuk rasa kemanusiaan dan solidaritas para anggotanya, PMI Kudus menggelar serangkaian kegiatan sosial dalam rangka menyambut HUT Palang Merah Indonesia Ke 73, yang jatuh pada Senin (17-09-2018).

Ketua Umum PMI Kudus, Noor Yasin mengatakan rangkaian kegiatan sosial telah dimulai sejak 25 Agustus lalu. Adapun kegiatan sosial yang digelar oleh PMI Kudus meliputi pemberian dropping air bersih bagi daerah rawan kekeringan, bantuan peduli korban gempa Lombok, pengobatan gratis dan donor darah.

“Untuk kegiatan dropping air bersih kami mulai sejak 25 Agustus lalu dengan menyasar ke Desa Kuthuk (Undaan) dan Setrokalangan (Kaliwungu). Air bersih tersebut kami beli dari PDAM, lalu kami salurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan. Setiap harinya, kami mendistribusikan sekitar 2 tangki ke daerah tersebut secara bergilir,” jelasnya saat ditemui isknews.com dalam Upacara Peringatan HUT PMI Ke 73 yang digelar di Kantor PMI Kudus, Senin (17-09-2018).

Dijelaskannya, bantuan dropping air bersih ini rencanannya akan terus berlanjut hingga waktu yang belum ditentukan. Dia mengungkapkan, selama bantuan ini masih dibutuhkan oleh masyarakat maka pihaknya akan terus melakukannya.

Foto: Upacara peringatan HUT PMI ke 73 yang digelar di Kantor PMI Kudus berjalan dengan hikmad, Senin (17-09-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Pada tanggal 22 September mendatang, PMI Kudus juga akan menggelar kegiatan sosial berupa pengobatan gratis dan donor darah di Desa Dukuh Waringin, Kecamaan Dawe Kabupaten Kudus. Noor Yasin menjelaskan, kegiatan pengobatan gratis tersebut merupakan wujud kontribusi PMI Kudus dalam upaya menyehatkan masyarakat.

Tak sekedar itu, peringatan HUT PMI ke 73 juga diisi dengan sejumlah lomba menarik, yakni Lomba Pertolongan Pertama, Donor Terbanyak dan Fun Game. “Semua anggota PMI dari mula, madya, wira, KSR, TSR dan karyawan PMI kami libatkan semua, untuk bersama-sama merayakan HUT PMI. Untuk Lomba Pertolongan Pertama telah kami gelar pada 15 September dan Fun Game pada 9 September yang lalu,” jelasnya.

Untuk pemenang Lomba Pertolongan Pertama, tingkat PMR Mula dimenangkan oleh SD 1 Jati Kulon, PMR Madya dimenangkan MTSN 1 Kudus, PMR Wira dimenangkan MA NU Banat dan KSR/TSR dimenangkan KSR IAIN Kudus. Sedangakan pemenang lomba donor darah terbanyak berhasil disabet oleh SMA 1 Kudus dengan total 127 pendonor.

Pada Fun Game yang digelar untuk karyawan PMI dan KSR/TSR, Unit KSR Markas berhasil menyabet dua piala dari lomba memasak nasi goreng dan tarik tambang. Sedangakan untuk lomba balap karung berhasil dimenangkan oleh Mahmud perwakilan KSR PMI Cendekia Utama.

Dengan adanya serangkaian acara ini, Noor Yasin berharap rasa kemanusiaan dan solidaritas para anggota PMI dapat meningkat. “Melalui aksi sosial, kami berharap mereka kepekaan mereka terhadap lingkungan disekitarnya meningkat. Sedangkan kegiatan Fun Game ini menjadi sarana untuk mempererat solidartitas dan persatuan para anggota PMI,” pungkasnya. (NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Iskkuduspmi kudus