Sekolah di Kudus Seratus Persen Siap Gelar UNBK

Menurutnya, “ Pelaksanaan UNBK di Kabupaten Kudus telah memasuki tahun kedua, dari 49 Sekolah, 14 sekolah melaksanakan UNBK secara mandiri, dan yang MTs dari jumlah 65 Sekolah, 49 diantaranya melaksanakan secara mandiri,” Kata Suharto.

Penyelenggaraan UNBK sendiri pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online, dan terbatas pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang selama ini sudah berjalan.

“Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online, melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload),” katanya.

“Secara umum, Kudus telah siap melaksanakan UNBK mandiri 100 persen, baik mandiri murni ataupun menumpang, dan kami juga sudah memperhitungkan kemungkinan terjadinya mati listrik, keterlambatan soal, tertukarnya soal, dan ketidakjelasan hasil cetak soal, bisa diminimalisir,” jelasnya.

Sementara itu, senada dengan Suharto, Kasi Pendidikan Madrasah pada Kementrian Agama (Kemenag) Kudus, Suhadi menyampaikan bahwa, Madrasah Tsanawiyah yang ada dibawah naungan Kemenag, juga secara umum telah siap melaksanakan UNBK.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Gelar UNBK