Solusi Praktis Atasi Masalah Bibir Sumbing

Kudus, ISKNEWS.COM – Bibir sumbing merupakan sebuah kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah atau belahan pada bibir bagian atas. Celah tersebut bisa terdapat di bagian tengah, kanan, atau kiri bibir. Selain di bagian atas bibir, sumbing bisa terjadi pada langit-langit mulut. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan istilah langit-langit sumbing.

Bibir sumbing dan langit-langit sumbing, terjadi akibat jaringan bibir atau langit-langit mulut bayi yang tidak menyatu pada saat masa kehamilan.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-4918360277293205" data-ad-slot="1144672621">

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti, penyebab sumbing. Namun, beberpa penelitian menyebutkan bahwa genetik dan paparan virus atau zat tertentu selama kehamilan (tetratogen -red) menjadi fakor resiko bibir dan langit-langit sumbing. Bibir dan langit-langit sumbing selama ini digolongkan kedalam kondisi cacat lahir.

Adapun dampak yang ditimbulkan dari kondisi ini adalah kesulitan ketika makan, gangguan perkembangan berbicara, dan infeksi telinga. Oleh karenanya sejumlah upaya dilakukan untuk meminimalisir dampak tersebut, salah satunya dengan bedah plastik atau operasi.

Sebagaimana yang akan dilakukan oleh Rumah Sakit Aisyiyah, dengan Djarum Sumbangsih Sosial dan Yayasan Permata Sari, yang menggelar bakti sosial berupa operasi bibir dan langit-langit sumbing gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Panitia pelaksana Bakti Sosial membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan keluarganya untuk mengikuti operasi gratis ini, dengan mendaftarkan diri langsung ke bagian Humas Rumah Sakit Aisyiyah yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No. 248 Kudus (Lantai 3).

Adapun kriteria pasien (ketentuan umum) yang akan dioperasi dan dapat mengikuti operasi ini adalah sebagai berikut:

1. Sumbing Bibir, minimal berumur 3 bulan (BB Minimal 5 Kg), dengan umur maksimal 60 tahun.
2. Sumbing langit-langit umur minimal 18 bulan (BB Minimal 10 Kg) , dengan maksimal 11 tahun.
3. Fotocopy KTP, AKTE dan KK.

*Pendaftaran mulai 12 Maret 2018
*Maksimal pendaftaran 2 April 2018
*Pelaksanaan Screening: Jum’at, 6 april 2018
*Pelaksanaan operasi: Sabtu, 7 April 2018

untuk informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan bakti sosial ini, masyarakat dapat menghubungi 0821 3553 4292 (07.00 -14.00 WIB)/(0291) 437780 (24 Jam). (NNC/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Bibir Sumbing