Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

oleh -1,200 kali dibaca

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Acara Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dilaksanakan di balai Desa Karang anyar dihadiri Babinsa Desa Karang anyar Kopda Bayu Brata K. Sehubungan dengan acara tersebut untuk mendorong perubahan perilaku higienis dan sanitasi individu dan masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku dan kebiasaan individu dan masyarakat, Rabu (17/5).

Hal itu dengan maksud untuk mengatasi dan menanggapi masalah prilaku masyarakat yang masih mempunyai kebiasaan BABS (Buang Air Besar Sembarangan), tentunya dengan perilaku tersebut dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang dapat merugikan kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas kesehatan Kabupaten Jepara bekerja sama dengan Pokja AMPL Kabupaten Jepara dan beberapa instansi terkait memperkenalkan kembali pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Pendekatan STMB ini merupakan pendekatan yang digunakan untuk program sanitasi nasional sesuai peraturan Menteri Kesehatan (Pemerkes No. 3 Tahun 2014) yang telah terbukti efektif meningkatkan akses sanitasi dan menghilangkan praktek BABS di banyak daerah dengan program mendukung jambanisasi yang digalakan oleh para Babinsa di Desa-desa di wilayah Jajaran Kodim Jepara.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini sudah merupakan perintah dari Danramil Welahan atau Komandan Kodim 0719 Jepara untuk memberikan pengarahan kesehatan kepada masyarakat desa Karang anyar supaya menjaga kesehatannya. (Wh)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.