Usai Ditetapkan, DPS Rembang Berjumlah 400 Ribu Lebih

Rembang, ISKNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rembang, menggelar rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran, dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilih gubernur di aula kantor KPU Rembang, Rabu (14-03-2018). Dari hasil pemutakhiran, jumlah pemilih bertambah hampir 50 persen lebih dari sebelumnya.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Nurul Muasiroh mengatakan, bertambahnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan Pendaftar baru ini sangat luar biasa. Setelah dari hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang ditindaklanjuti rekapitulasi, daftar pemilih hasil pemutakhiran selanjutnya ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), dengan jumlah 482.511 pemilik hak suara.

“Itu kita menyesuaikan surat edaran KPU No. 239, untuk pemilih yang pindah TPS dalam satu desa atau kelurahan, bukan hanya dikategorikan sebagai ubah data saja, tapi menjadi TMS dan pemilih baru, sehingga ada pertambahan yang cukup signifikan,” ujarnya

Lebih lanjut, Nurul mengatakan, perubahan DPS menjadi DPT sangat dimungkinkan. Perubahan tersebut nantinya akan melalui masukan tahapan masyarakat.

“Dimasa DPS ini kan ada yang namanya masukan tahapan masyarakat, dimana dalam perjalanannya dari penetapan DPS sampai penetepan DPT nanti kalo ada pemilih yang masuk dalam DPS tentu akan kita masukkan, kalo yang ada jadi TMS akan kita coret,” ujarnya

KOMENTAR SEDULUR ISK :
DPS Rembang