Warga Sumberejo Sweeping Dua Penggilingan Batu

Pati, ISKNEWS.COM – Merasa dibodohi oleh para pengusaha penggilingan batu warga Desa Sumberejo, Kecamatan Gunungwungkal, Selasa (15-05-2018) mendatangi dua perusahaan penggilingan batu yang ada di desa mereka. Warga menilai para pengusaha tersebut menyalahi kesepakatan dengan warga. Mereka merasa tidak pernah diajak berkomunikasi terkait ijin lingkungan.

Dalam aksinya, warga memblokir pintu masuk tempat usaha milik CV Citra Batu yang baru menyelesaikan tahap pembangunan. Warga meminta pembangunan tempat penggilingan batu yang berada di Jalan Raya Tayu-Gunungwungkal KM 3 itu dihentikan. Alasannya, perusahaan tersebut dituding tidak pernah meminta izin ke pemerintah desa setempat.

“Bahkan, sebelum dibangun pemiliknya bilang kalau disini hanya sebagai tempat penampungan batu saja, penggilingannya bakal dilakukan di Juwana. Tapi kenyataannya mereka ini sedang merangkai mesin penggilingan batu dan alat timbang. Berarti di sini mau dijadikan penggilingan juga,” ujar perwakilan warga Endang Sulistyowati.

Menurutnya, warga sudah jengah dengan dampak lingkungan yang ditimbulkan usaha penggilingan bahan tambang batu tersebut. Mengingat, saat ini sudah berdiri belasan tempat penggilingan batu di desa mereka. Dikatakan, dari yang sudah ada saat ini getaran alat pemecah batu dirasa sangat mengganggu. Pasalnya, getaran mesin mampu membuat tembok rumah warga retak.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Sweeping Dua Penggilingan Batu