Anggota Fatayat NU Cabang Kudus Diedukasi Terkait Lembaga Keuangan Syariah

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Sedikitnya 200 anggota Fatayat NU Cabang Kudus mendapat edukasi dan sosialisasi mengenai lembaga keuangan syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Hotel Hom Kudus, 9 November 2017. Dengan mengambil tema “Peran OJK dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang lembaga keuangan syariah”.

Salah seorang Narasumber, Kepala OJK Regional 3 Jateng dan DIY, Bambang Kiswono menyampaikan, dalam beberapa tahun terakhir ekonomi berbasis syariah berkembang dengan pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai produk lembaga keuangan syariah, seperti perbankan, asuransi, pasar modal, reksa dana, pergadaian, maupun koperasi syariah.

Terbukti dengan pencapaian kinerja keuangan syariah di Jawa Tengah yang tumbuh pesat, bahkan dalam hal dana pihak ketiga (DPK), pertumbuhan Jateng di angka 30,34% (yoy) dan lebih besar dari pertumbuhan nasional

TRENDING :  TK Aisyiah Terpadu Birrul Walidain Kudus "Berbagi Kebahagiaan" Di Panti Asuhan Muhammadiyah "SAMSAH"

Namun demikian, perkembangan lembaga keuangan syariah masih dihadapkan pada beberapa kendala, antara lain pemahaman masyarakat yang belum tepat mengenai lembaga keuangan syariah dan masih banyak yang belum mengenal produk dan layanannya.

TRENDING :  Melalui Penyalarasan APBDP Kudus TA 2016, DPRD Kudus Upayakan Salurkan Bantuan Hibah

Selain itu, ada kendala lain seperti peraturan, pangsa pasar yang minim, hingga sumber daya manusia (SDM) yang belum terlatih. “Oleh karena itu adanya sosialisasi dan edukasi tentang lembaga keuangan syariah ini, diharapkan masyarakat tidak akan ragu memanfaatkan lembaga keuangan syariah,” kata Bambang, Kamis (09/11/2017).

TRENDING :  ​Warga Tanjungrejo Deklarasikan Perang Melawan Narkoba dan Paham Radikal

KOMENTAR SEDULUR ISK :