Anggota Karang Taruna Kudus Tanam 500 Bibit Pohon

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kudus bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pakis Aji mengadakan giat menanam di Desa Wonosoco Kecamatan Undaan, Minggu (25-2-2018) pagi.

Sebelum menanam, ratusan anggota karang taruna berkumpul dan mengambil tempat atau titik kumpul di Joglo Wana Wisata. Mereka membawa alat menanam dari rumah masing-masing.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kudus, Fiza Akbar mengatakan, Giat yang dilakukan tidak lain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini merupakan gerakan awal sebagai bagian program jangka panjang kami menyelamatkan lingkungan dan mengembalikan fungsi hutan.

TRENDING :  Komunitas Kawasaki Ninja Club (KNC) Kabupaten Kudus Berbagi Takjil

Dikatakan Fiza, Target kami di petak 17 milik perhutani, akan tetapi masih masuk wilayah Desa Wonosoco, adapun tanamannya berupa sengon dan rencana ke depan akak ditanami buah. “Karena disitu wilayah Hutan Alam Sekunder (HAS), Jadi wajib tanaman keras dan bukan semusim,” terangnya.

Alasannya, lanjut Fiza, kondisi dilapangan yang selama ini menyebabkan banjir bandang tahun lalu adalah karena sebelumnya ditanami tumbuhan semusim. Pihaknya berharap program penghijauan yang dilakukan bisa berguna untuk kelangsungan lingkungan yang sejuk dan baik.

TRENDING :  Maraknya Berita “HOAX” Kesbangpol Kudus Gelar Sosialisasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Ditambahkan, Kami melakukan giat ini secara bersama dan kekompakan semua anggota dari semua perwakilan kecamatan di Kabupaten Kudus. “Saya bersyukur, kegiatan berjalan sukses karena sudah direncanakan hampir satu bulan sebelumnya,” ujarnya

Lebih lanjut, Dana kegiatan dan pembelian bibit tanaman, lanjut Fiza, semuanya dari pihak Karang Taruna. “Namun kami juga bekerjasama dengan Dinas PKPLH, Dinas Sosial P2AP3KB, Camat Undaan, Kades Wonosoco, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi, Asper wilayah RPH Penganten Klambu dan jajaran Polisi Kehutanan (Polhut),” ujar Fiza kepada isknews.com usai acara.

TRENDING :  Pelaksanaan Lomba Desa di Payaman di Tunda, Ada Apa?

Ia menambahkan, kegiatan ini akan diadakan setiap tahun, dan Ia optimis akan ada banyak partisipasi dari pihak lain nantinya. Untuk itu, Ia mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemuda untuk lebih peduli lingkungan.

Sementara itu, Ketua LMDH Pakis Aji Wonosoco, Sukilan Suwanto menyambut baik hadirnya pemuda pemudi Karang Taruna Kudus. Kepeduliannya datang ke loaksi dengan membawa peralatan tanam masing-masing membuktikan bahwa mereka sangat peduli. “Semoga dengan kegiatan ini, nantinya ada lagi kelompok atau komunitas pecinta lingkungan serupa,” pintanya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :