Angka Harapan Hidup di Jepara Membaik

oleh
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Sejalan dengan membaiknya kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Jepara, Angka Harapan Hidup (AHH) masyarakatnya pun juga semakin membaik. Bahkan jumlah penduduk lanjut usia (Lansia) cukup tinggi. Pemkab Jepara mencatat hingga akhir tahun lalu, jumlah penduduk lansia mencapai 164.979 jiwa dengan perbandingan lansia laki-laki 82.977 jiwa, dan lansia perempuan 82.002 jiwa.

“Tingginya jumlah lansia di Jepara ini sebenarnya merupakan barokah dan menunjukkan keberhasilan kita dalam membangun kualitas hidup masyarakat Jepara,” kata Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan, dan SDM Bambang Slamet Raharjo, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Pemberdayaan Lansia Kabupaten Jepara, di Ruang Rapat Sosrokartono, Selasa (8-5-2018)

TRENDING :  Kluyuran Saat Jam Sekolah, Sepuluh Pelajar Terjaring Razia Satpol PP

Slamet menjelaskan, sumbangsih dari para orang tua atau lansia masih terus dibutuhkan oleh masyarakat. Baik berupa pemikiran, nasihat atau pengalaman berharga yang dapat disumbangkan kepada generasi muda untuk berkiprah dalam pembangunan. Di samping masih banyak lansia yang produktif meski sudah renta, dari sisi pengalaman dan ketauladan masih sangat dibutuhkan, khususnya bagi generasi muda. “Para lansia adalah aset negara dan daerah yang telah memberikan dedikasi dan pengabdian kepada bangsa dan lingkungannya,” terangnya.

TRENDING :  Putaran Kedua, Persijap Tambah Enam Pemain

Selain Bambang Slamet Raharjo, hadir dalam rakor lansia siang itu, Kepala Sub Bagian Kesejahteraan dan Kesehatan Masyarakat pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Jepara Mukaim, Kasat Narkoba Polres Jepara AKP Hendro Asriyanto, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara, Endang Ratriasworo, dan Sekretaris Komisi Daerah (Komda) lansia Kabupaten Jepara Slamet K, serta melibatkan 75 orang peserta yang terdiri dari komda lansia kecamatan dan komisi lansia desa se Kabupaten Jepara.

TRENDING :  93 Karyawan PT.Teak Home Furniture Akhirnya Terima THR

Sementara itu, Mukaim mengatakan rakor lansia dimaksudkan agar koordinasi antar pemerintah dengan masyarakat untuk memberdayakan lanjut usia terlaksana dengan baik. Sehingga para lansia dapat melaksanakan fungsi sosialnya, dan berperan aktif secara wajar dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Rakor lansia dikatakannya bertujuan agar terwujudnya program kemitraan peningkatan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia di Kabupaten Jepara.

“Sebab hal juga merupakan upaya untuk meningkatkan pemberdayaan bagi lanjut usia untuk mewujudkan kesejahteraan,” ucapnya. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :