Antisipasi Banjir, Lantai Gedung Perpustakaan SD 3 Jati Wetan Ditinggikan

Antisipasi Banjir, Lantai Gedung Perpustakaan SD 3  Jati Wetan Ditinggikan

Kudus, isknews.com –  Lokasi SD 3 Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, berada di atas tanah yang rendah,  lebih rendah dari permukaan jalan di depan sekolah  tersebut.  Kondisi seperti itu menyebabkan pada setiap musim hujan SD itu dilanda banjir, bukan hanya halamannya, melainkan sebagian  dari ruang kelas pun ikut terendam.

Agar para peserta didik (PD) yang berjumlah 96 siswa bisa belajar dengan tenang, fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar,  berusaha diantisipasi agar tidak terganggu oleh genangan air. Termasuk sekarang ini, saat  SD itu mendapat  bantuan Gedung Perpustakaan, lantai bangunan  itu dinaikkan setinggi 80 centimeter .

TRENDING :  Pelajar Kudus Kembali Torehkan Prestasi di Ajang Porsadin Jateng

Kepala SD 3 Jati Wetan, Rejeki Handajani, yang ditemui isknews.com, di ruang kerjanya, Kamis (27/10), membenarkan hal itu. Menurut dia, gedung perpustakaan dengan ukuran 10 x 15 meter itu, merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kudus, didanai dari APBD – Dana Alokasi Khusus (DAK), Tahun Anggaran (TA) 2016. Sesuai yang tertulis di papan proyek, besarnya anggaran yang dialokasikan Rp 145.901.00, waktu pengerjaan 90 hari, terhitung mulai 10 Oktober – Desember 2016. “Peninggian lantai perpustakaan ini adalah permintaan kami,  atau pihak sekolah,  agar tidak terendam banjir dan anak-anak yang membaca bisa belajar dengan lebih konsen.”

TRENDING :  Kedua Siswa SMKN 2 Kudus Peroleh Medali Emas Dalam Lomba KIR

Hal yang sama, ungkapnya lanjut, dilakukan pada saat SD 3 Jati Wetan itu menerima bantuan rehab tiga ruang kelas, pada TA 2015 lalu. Juga dalam upaya mengantipasi  genangan banjir, lantai tiga unit ruang kelas itu ditinggikan 1 meter.  Termasuk kamar mandi/WC  yang ada di ujung timur bangunan untuk kegiatan belajar mengajar itu, juga disamakan ketinggian lantainya. “Harapan kami, tentu saja para siswa bisa belajar dengan tenang  , tanpa dilanda rasa khawatir akan kebanjiran. Kalau belajarnya tenang, akan  prestasi pun akan lebih terpacu.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post