Antisipasi Cuaca Buruk , Polres Kudus Segera Gelar Apel Siaga Bencana

Antisipasi Cuaca Buruk , Polres Kudus Segera Gelar Apel Siaga Bencana

Kudus, isknews.com – Wakapolres Kudus Kompol M.Ridwan, dalam paparan pada Rapat Koordinasi Antisipasi Musim Hujan periode tahun 2017 – 2018 di Kabupaten Kudus yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Kudus dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Noor Yasin, di Ruang rapat kantor BPBD Kabupaten Kudus, Kamis (30/11/17).

Menjelaskan tupoksi Polres Kudus pada penanggulangan kebencanaan telah jelas, Selama ini telah terjalin sinergitas antara Polres Kudus dan BPBD sehingga rencana kedepan akan dilaksanakan apel siaga bencana oleh Polres Kudus.

TRENDING :  Waka Polda Jateng Menghimbau Supaya Jajaran Polres Pati Bersikap Netral dalam Pilkada

“Usaha yang dapat dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat bekerjasama dengan babinsa dan babhinkamtibmas serta unsur atau elemen dimasyarakat dalam penanganan awal bencana, selain sinergitas OPD terkait, perlu juga peningkatan peran ORARI di daerah untuk menyebarluaskan informasi daerah terdampak bencana,” ujar wakapolres.

Komitmen manajemen Polri terhadap sumber daya manusia dan sumber daya yang ada, agar semua potensi dan sumber daya yang ada menjadi sumber daya yang berdayaguna serta berperanserta dalam mendukung menanggulangi bencana bahu-membahu dengan elemen lain.

TRENDING :  Rumah Mubin Korban Longsor Soco Dawe Diperbaiki TNI Dan Warga

Polri sebagai satu kesatuan dari masyarakat, dituntut untuk bisa berperan dalam situasi perubahan apapun.
Melaksanakan sosialisasi antisipasi terhadap bencana melalui pelatihan penyelamatan saat terjadinya bencana serta terbentuknya sistem deteksi dini adanya bencana yang dapat dimengerti oleh masyarakat.

Dijelaskannya, Dalam penanggulangan bencana diperlukan penatalaksanaan /manajemen bencana yang dibagi dalam periode pra, saat dan paska bencana serta penanggulangan disesuaikan dengan pentahapan penangan bencana yang meliputi tahap gawat darurat, tahap pemulihan, tahap pembangunan, tahap pencegahan dan tahap pencegahan. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post