Antisipasi Penyimpangan, DPR Minta Masyarakat Awasi Dana Desa

oleh

Demak, ISKNEWS.COM (Lintas Demak) – Anggota Komisi XI DPR RI Drs H. Fathan Subchi meminta masyarakat berpartisipasi dalam mengawasi penggunaan dana desa (DD) yang digulirkan pemerintah sejak 2015 lalu.

Ia berharap, DD yang mencapai Rp127 triliun itu mampu memberikan sumbangsih terhadap kemajuan pembangunan dan kemandirian masyarakat desa.

Hal itu disampaikan politikus PKB tersebut di sela sosialisasi pengelolaan dan pemeriksaan keuangan desa, bersama Sekdes dan perangkat desa se-Kabupaten Demak di Pendapa, Kamis (26/10/2017).

TRENDING :  Suasana Upacara HUT Rembang ke 276 Bernuansa Adat Jawa

“Masyarakat harus berperan aktif mengawasi penggunaan dana desa” ujar Fathan Subchi, Wakil Rakyat dari Fraksi PKB, Dapil Jateng 2 meliputi Demak, Kudus dan Jepara ini.

Selain itu, kata dia, DD juga harus memberikan dampak dan manfaat terhadap peningkatan ekonomi masyarakat desa.

TRENDING :  Harga Mati, Pemilu 2019 Aman dan Damai

“Dana desa jangan hanya untuk Infrastruktur namun juga untuk ekonomi sehingga mampu mengurangi kemiskinan di desa” tuturnya.

Menjawab hal itu, Bupati Demak HM Natsir menegaskan, aparat desa harus memiliki komitmen dan kedepankan konsep pembangunan yang aspiratif.

TRENDING :  Sidang Paripurna, Realisasi Pendapatan Daerah Kabupaten Kudus 2014 Lampaui Target

“Semoga kedepan tidak ada lagi kesenjangan ekonomi di Demak” ata Bupati.

Sementara itu, Anggota V BPK RI Ir Ismayatun MT mengatakan peran pemerintah kabupaten sangat penting dalam membina dan mengawasi pelaksanaan pengelolaan keuangan desa di wilayahnya. “Pembinaan dan pengawasan DD ini harus lebih efektif,” katanya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :