Antisipasi Saat Banjir Air Melimpas, Jembatan Ganesha I Purwosari Ditinggikan Dan Dibuatkan Saluran

Kudus, isknews.com – Pembangunan jembatan di Jalan Ganesha I, Desa Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus yang merupakan bangunan baru, menggantikan jembatan lama yang dibongkar, selain mengalami peningkatan ketinggian lantai dasar setinggi 40 centimeter, juga disertai dengan pembuatan saluran, di kedua sisi jalan sebelah utara jembatan tersebut. Hal itu dilakukan karena pada saat terjadi banjir, air hujan dari jalan desa mengalir dan limpas melampaui ketinggian lantai dasar jembatan, karena tidak tersedianya saluran.

Menurut Thoriq, pelaksana dari rekanan yang mengerjakan proyek, saat dihubungi isknews.com, Senin (26/6), di lokasi proyek jembatan yang menjadi akses penghubung Desa Purwosari – Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati itu, mengatakan proyek yang pengadaannya oleh Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kabupaten Kudus itu, dibeayai dari Bantuan Keuangan Gubernur (Bangub) Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran (TA) 2016 dengan nilai kontrak, sebesar Rp 965.770.000. “Dalam papan proyek disebutkan pekerjaannya adalah penggantian penggantian jembatan baru, namun dalam pelaksanaannya di lapangan, pembangunan jembatan itu menjadi satu paket dengan pembuatan saluran.”

Baca Juga :  Pembebasan Lahan Pembangunan Waduk Logung Capai 70 Persen

Kalau saja proyeknya hanya pembangunan jembatan, ungkapnya lanjut, sudah selesai sebelum batas waktu yang ditargetkan, yakni selam 90 hari kalender. Namun dengan adanya penambahan pembuatan saluran yang merupakan usulan warga setempat itu, pekerjaan pun dibagi dengan mendahulukan saluran. Alasan yang mendasar, saluran itu diusahakan sudah selesai sebelum musim hujan. “Bahkan saat masih dalam pengerjaan, saluran ini sudah berfungsi menangalirkan air hujan yang turun hampir setiap hari.”

Baca Juga :  Akhirnya Jalan Akses Kutuk - Glagahwaru Di Bangun

Pelaksana dari CV Anugerah, Kudus itu nenambahkan, jembatan batu itu berukursn lebar 6,5 meter dan panjang 6 meter. Sedangkan saluran di kedua sisi jalan berukuran panjang masing-masing 89 dan 93 centimeter. “Pekerjaan yang membutuhkan waktu lama, adalah pembuatan talud di kedua sisi sungai, untuk mencegah longsor dan penguat tiang jembatan.” (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?