Antusias, Warga Gondangmanis Ikuti Imunisasi MR

oleh -886 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Demi masa depan kesehatan putra-putrinya, ibu-ibu di Desa Gondangmanis antusias ikutkan anak-anaknya untuk memperoleh imunisasi MR.

Program Nasional Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) yang berlangsung serempak tingkat nasional, dalam bulan Agustus dan September 2017 ini di seluruh wilayah Indonesia. Kemarin dilaksanakan di Desa Gondangmanis Bae Kudus, Selasa (5/9/17).

Imunisasi yang digelar oleh UPT Puskesmas Kecamatan Bae Kudus tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas dr. Antonius HP dengan 23 orang petugas kesehatan.

Imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Implementasi atau perwujudan dari program kampanye tersebut yaitu berupa sosialisasi serta pelaksanaan pemberian vaksin Measles atau yang lebih dikenal dengan Campak serta Rubella.

Campak-Rubella dikenal juga dengan sebutan campak Jerman. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus

Pada kesempatan tersebut warga di Desa Gundangmanis antusias dan melakukan imunisasi campak-rubella yang diadakan pemerintah secara serempak dan gratis ini yang pelaksanaannya terbagi dalam beberapa titik pos pemberian imunisasi.

Wilayah Desa Gondangmanis RT 01/RW 10 sejumlah  97 anak,  Wilayah RT 02/RW 09 terdapat 68 anak,  RT 03/RW.04 terdapat 39 anak, RT 03/RW 05 sejumlah 44 anak dan yang berada di pos Puskesmas Pembantu Desa Gondangmanis terdapat 92 anak ikuti imunisasi campak rubella. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :