Antusias, Warga Ikuti Nobar Filem G30S PKI Di Lapangan Rendeng

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Hari pertama agenda pemutaran Film  G30S-PKI yang dijadwalkan akan diputar di seluruh wilayah teritorial dibawah Kodim 0722 Kudus, kemarin pertama kali digelar oleh Komando Rayon Militer 01 Kota Kudus, Dengan format layar tancap, acara nonton bareng dilaksanakan di lapangan Rendeng yang tak jauh dari markas Koramil Kota di Jalan Mayor Kusmanto Kudus. Minggu (24/9/17).

Menurut Danramil Kota Kudus,Kapten Cpl Nor Ali,  Acara  Nonton bareng ini sebetulnya dijadwalkan pada tanggal 23 September atau hari sebelumnya namun karena berbarengan dengan even karnaval gelar budaya yang digelar oleh Pemkab Kudus di Alun-alun Simpangtujuh dalam rangka HUT 468 Kudus, “Maka ya saya tunda malam ini,”, ujarnnya.

Pemutaran filem G30S PKI yang sempat tertunda akibat turun hujan, akhirnya dimulai pada sekitar pukul 20.00 dengan pemutaran Film G30S PKI versi satu jam dari versi aslinya yang 3 jam.

TRENDING :  Kodim 0718/Pati Masuk Empat Besar Binter se-Nusantara

Warga antusias menyaksikan pemutaran filem tersebut meski rumput lapangan masih basah akibat diguyur hujan, seperti kata Budi warga Rendeng yang malam itu ikut menyaksikan filem G30S PKI di lapangan yang juga dikenal sebgai lapangan Tangsi tersebut, “Saya bernostalgia saat masih Sekolah dulu nonton filem ini bersama-sama satu sekolah,” katanya.

Tidak hanya warga Desa Rendeng pemutaran film ini juga di hadiri warga-warga dari hampir se wilayah Kecamatan Kota bahkan tampak hadir, seluruh Lurah dan Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Kota bersama Camat Kota Catur Widiyatno serta Kapolsek Kota AKP M. Khoirul Niam, Danramil Gebog Kapten Inf A. Basyir para personel Koramil 01/Kota beserta keluarga, personil Unit Inteldim 0722/Kudus, anggota Polsek Kota, serta  warga masyarakat.

TRENDING :  PERSIAPAN PEMULANGAN WARGA KUDUS EKS GAFATAR DARI DONOHUDAN BOYOLALI SURAKARTA

Sebelumnya Danramil 01/Kota Kapten Cpl Nor Ali menyampaikan, ucapkan terimakasih kepada pihak instansi terkait yang telah mendukung kegiatan pemutaram film pengkhianatan G 30 S/PKI dan mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan akibat cuaca hujan.

Maksud di laksanakannya kegiatan ini di harapkan agar masyarakat memahami dan mengerti bahwa gerakan G 30 S/ PKI itu ada dan nyata, “oleh sebab itu kami menganggap penting malam ini Koramil 01/Kota di bantu dengan Muspika Kecamatan Kota menyelenggarakan kegiatan Nobar untuk warga masyarakat,” ujarnya.

“Dengan pemutaran film pengkhianatan G 30 S/PKI diharapkan bisa mengingat kembali atas kejadian atau peristiwa sejarah terjadinya pemberontakan PKI pada masa lalu di negara Indonesia dan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap waspada sehingga ajaran faham komunis tidak akan muncul kembali di wilayah NKR,” ungkap Danramil Kota.

TRENDING :  Rumah di Desa Pekalongan Roboh Dan Timbun Penghuninya

Disinggung mengenai dana penyelenggaraan dan akomodasi, Danramil menyampaikan, “Ini partisipasi semua pihak utamanya Bapak Camat, makanya malam ini ada hidangan jajan pasar, minuman  kopi dan teh serta properti[emurtaran filem  ini banyak dibantu pak Camat dan para Lurah serta Kades,” ujarnya.

Karena usai pemutaran filem warga masih belum beranjak dari tempatnya, maka oleh panitia diputarkan lagi sebuah filem perjuangan yang berjudul, “Jenderal Sudirman”, wargapun menikmati sambil bernostalgia nonton filem era filem layar tancap tahun 90 an.

Koramil 01/Kota masih menjadwalkan pemutaran Film G30S PKI satu kali lagi yaitu pada malam nanti Senin, 25 September 2017  pukul 19.00 WIB  yang akan di putar di  Balai Desa Demaan. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :