Antusiasme Pemuda Kudus Ikuti Seleksi Calon Peserta KPN 2018

oleh
Foto: Para dewan juri sedang mewawancarai calon peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Moyo Tambora Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Kudus. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Seleksi Calon Peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Moyo Tambora Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Kudus telah diselenggarakan di Gedung Dekopinda Komplek perkantoran Jalan Mejobo, Rabu, (11-4-2018).

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus melalui Kasi Pengembangan Sumber Daya Pemuda Wagiman Sutrisno (WS) mengatakan, seleksi ini diikuti 25 peserta, yang sebagian besar pemuda (mahasiswa dan pelajar). “Nantinya akan diambil 2 perwakilan Kudus, 1 putra dan 1 putri. Selanjutnya akan diseleksi kembali di tingkat Provinsi diambil 2 (putra dan putri) mewakili Jateng, 2 (putra dan putri) lagi untuk cadangan,” terangnya.

TRENDING :  Malam Pergantian Tahun Di Kudus Diisi Dengan Pengajian

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mempersatukan para pemuda dari perwakilan propinsi di Indonesia, serta mengenal dan membantu mempromosikan kekayaan alam, bahari kelautan.

Adapun syarat peserta diantaranya Pemuda berusia 18 – 25 tahun pendidikan minimal SLTA/sederajat dan maksimal S1 belum menikah, Berperilaku baik dan tidak merokok, Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah setempat.

Selain itu, aktif di masyarakat, seperti menjadi pengurus dalam kepemimpinan organisasi kepemudaan tingkat desa hingga Kabupaten, mempunyai jiwa sosial tinggi, dan juga fisik, baik tinggi badan maupun berat badan juga mempengaruhi.

TRENDING :  Anggota Pramuka Saka Wirakartika Kudus Ikuti Pembinaan

Adapun para juri diantaranya pertama Bambang seorang sarjana seni, Kedua, Ulil Amri dari pengurus organisasi karang taruna (KT) Kudus dan sekjen KT Provinsi, kemudian Oktian Ketua Paska Pengurus Paskibraka Indonesia (PPI), Muzakki dari Pemuda Pemuda Antar Negara (PPAN) 2013, dan Khifti mantan delegasi Kudus yang pernah ikut KPN pada 2013 silam.

Dihadapan dewan juri, para peserta selain tes wawancara, juga menunjukkan keahlian khusus atau minat dan bakatnya. Diantaranya ketrampilan seni, budaya, kemampuan olahraga, utamanya renang, karena utamanya nanti akan berlayar diatas kapal.

TRENDING :  Innalillahi, Atlet Drum Band Kudus Berprestasi Ananda Zulfa Rohmah Meninggal Dunia

Seperti halnya Danang Saputro, pemuda asal Desa Jepang Mejobo Kudus. Ia mengikuti KPN ini dikarenakan ingin mencari pengalaman dan mengembangkan minat bakatnya. “Saat ini saya sedang bekeraja di kedinasan disalah satu OPD di Kudus,” terang Alumni SMP 1 mejobo dan SMK wisudha Karya itu. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :