April 2018 Kudus Alami Inflasi 0,01 Persen, Ini Penyebabnya

by
ISKNEWS.COM
Foto: istimewa (BPS/Aris Sofiyanto)

Kudus, ISKNEWS.COMBadan Pusat Statistik (BPS) Kudus mencatat, Kota Kretek mengalami inflasi 0,01 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 138,91 pada April 2018. Data tersebut lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 0,06 persen dengan IHK 138,90.

“Beberapa hari menjelang Bulan Ramadhan 1439H, banyak harga kebutuhan yang mengalami kenaikan, sehingga menyebabkan terjadinya inflasi 0,01 persen,” kata Ketua BPS Kudus Sapto Harjuli Wahyu melalui Hasbi Iqbal, Kasub tata usaha BPS Kudus, saat ditemui ISKNEWS.COM di pertemuan yang di Hotel Griptha Kudus, Rabu (2-5-2018).

Dikatakan Hasbi, komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya inflasi adalah bawang merah, bensin, telur ayam ras, bandeng dan daging ayam ras.

TRENDING :  ​Satpol PP Kabupaten Kudus,  Tempati Kantor Baru 

Sedangkan komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya deflasi adalah beras, bawang putih, kentang, tomat, sayur, dan jeruk.

Inflasi, lanjutnya, terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks beberapa kelompok pengeluaran. Diantaranya terjadi pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau (0,10 persen). Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar (0,55 persen). Kelompok sandang (0,41 persen). Kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga (0,02 persen). Lalu kelompok transport, komunikasi, dan jasa keuangan (0,41 persen).

TRENDING :  Dituding Tak Bergeming Soal Baliho-Baliho Kampanye Di Alun-alun, Begini kata Panwaslu Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :