Arbi Tularkan Tips Berbisnis ke Kalangan Muda

oleh

Kudus, isknews.com – Tak hanya piawai mengayunkan raket saja, legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi ternyata juga cukup mengesankan saat memberi motivasi dalam dunia bisnis yang dia geluti kini. Hal itu nampak saat Hariyanto berkesempatan berbagi tips berbisnis kepada sejumlah generasi muda yang tergabung dalam komunitas blogger Kudus, Jumat (22/9) malam.

Diskusi dengan tema “Ngobrol Bisnis Bareng Hariyanto Arbi” tersebut digelar di rumah makan Ratu Kuliner di Jalan Wergu Kudus. Acara yang dikemas dengan suasana santai tersebut, juga menghadirkan pemilik “startup” bantucari.co.id Moh. Rizak.

“Membangun usaha, bisa dimulai dengan hal-hal yang memang sudah menjadi hobi,” kata Hari, panggilan akrab Hariyanto.

Pemilik perusahaan produsen alat olahraga ‘Flypower’ tersebut menuturkan, untuk memulai sebuah bisnis memang perlu perencanaan dan tekad yang kuat. Tak terkecuali dirinya, yang mengawali bisnis dengan keterpaksaan akan keadaan.

TRENDING :  Penyakit Tifus

”Setelah gantung raket bingung mau kerja apa. Lantas ada yang nawarin bisnis ini. Langsung saya terima meski saat itu saya terbilang tidak punya modal,” kata Hari.

Menurutnya, dalam menjalankan usaha juga harus pandai-pandai mengatur siasat agar barang yang dijual bisa laku di pasaran. Ia mengakui, sudah banyak produsen raket bulu tangkis di pasaran yang lebih dahulu dikenal masyarakat.

Untuk itu, lanjut dia, dirinya mencoba menampilkan produk yang berbeda dengan merek-merek lain, seperti raket yang memiliki desain batik. “Setidaknya, ketika ada pemain bulu tangkis yang membawa raket berdesain batik langsung bisa menebak bahwa raket tersebut hasil produksi flypower milik Hariyanto Arbi,” ujarnya.

TRENDING :  Legenda Bulutangkis Promosikan Karya Difabel Jepara

Karena sebelumnya media sosial belum seramai sekarang, kata dia, promosi yang dilakukan masih membutuhkan biaya mahal, seperti menggandeng atlet bulu tangkis yang sudah memiliki nama.

Menurut dia, generasi muda yang hendak memulai bisnis, saat ini tidak perlu kesulitan dalam melakukan promosi, karena banyak media berjejaring yang bisa dimanfaatkan dengan biaya yang cukup murah. Sehingga, saat ini, dia pun berusaha memanfaatkan sejumlah media sosial, mulai dari twitter hingga instagram.

Peraih juara tunggal putera All England tahun 1993 dan 1994 juga mendorong anak-anak muda pemilik bisnis untuk terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar, termasuk rencananya melebarkan sayap usahanya. ”Tak terkecuali saya juga masih terus berinovasi dengan menambah produk “fashion” agar semakin dikenal berbagai kalangan, sehingga tidak terbatas dari atlet bulu tangkis,” tandasnya.

TRENDING :  Bencana Alam di Pacitan dan Bali Undang Aksi Solidaritas KAMMI Komisariat Kudus

Sementara itu, Moh. Rizak pemilik startup bantucari.co.id menambahkan, generasi muda yang ingin memulai bisnis jangan ragu. “Jika sudah mendapatkan ide dan gagasan bisnis yang hendak ditekuni, segera direalisasikan dan jangan sekadar berencana namun tidak pernah dilakukan,” ujarnya.

Ia mengingatkan, jangan pernah takut akan mengalami kegagalan, karena pengalaman pernah gagal itulah nantinya menjadi bahan pelajaran tentang kesalahan yang pernah terjadi.

“Apabila sudah pernah mengalami kegagalan, tentunya mengetahui strategi yang benar dan dimungkinkan mendapatkan hasil yang lebih baik,” ujarnya.(Adv)

KOMENTAR SEDULUR ISK :