Arca dan Peralatan Sembahyang di Klenteng Welahan Dibersihkan

oleh -1,201 kali dibaca
Foto: Umat sedang membersihkan Ciamsie atau batang bambu yang digunakan untuk meramal di Klenteng Hian Thian Siang Tee Welahan. (Zacky/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Perlengkapan sembahyang yang ada di Klenteng Hian Thian Siang Tee di Welahan dibersihkan, Rabu (07-02-2018). Ritual pembersihan ini, rutin digelar tiap tahun menjelang perayaan Imlek. Beberapa yang dibersihkan yakni arca dewa dan sejumlah perlengkapan sembahyang lainnya.

Ketua Yayasan Klenteng Welahan, Sugandi mengatakan, pembersihan arca-arca Dewa, termasuk perlengkapan sembahyang ini dengan dikeluarkan dari altar, kemudian dibersihkan satu persatu.

“Pembersihan ini rutin dilakukan setiap tahun. Biasanya, ritual tersebut dihelat seminggu sebelum puncak perayaan Imlek,” katanya, Rabu (07-02-2018).

Sugandi menyebut, jika pembersihan peralatan sembahyang ini, tidak hanya dilakukan oleh umat sekitar Kecamatan Welahan. Akan tetapi, juga dilakukan oleh umat yang berasal dari Jakarta, Pati dan sekitarnya.

Selain itu, di Klenteng Hian Thian Siang Tee Welahan, juga terdapat Ciamsie atau batang bambu yang digunakan untuk meramal. Barang tersebut pun tak luput dari pembersihan.

Sebelum membersihkan arca, petugas yang telah ditunjuk melakukan penghormatan dengan mengatupkan kepalan tangan. Kemudian secara hati-hati, akan dilakukan pembersihan.

Dalam melakoni tugasnya, seorang pembersih tidak sendiri. Beberapa orang asisten terlihat membantu. Sementara petugas utama membersihkan arca dewa, sang asisten disuruh membersihkan aksesori yang dipakai, seperti singgasana.

Selain pembersihan arca dewa, lanjut Sugandi, abu bekas pembakaran dupa nantinya akan dilarung ke sungai. Sebelumnya, abu dupa akan diayak oleh umat dan pengurus klenteng. Untuk abu yang halus akan dikembalikan ke wadah abu, sementara yang kasar akan di larung di sungai. “Tradisi larung abu di sungai ini dapat menghindarkan bencana dan menyuburkan tanaman.” (ZA/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :