Artefak Prawoto Sangat Kaya Untuk Direkonstruksi

oleh
Artefak yang ada di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo diteliti oleh sejumlah peneliti dan sejarawan, Jum at (3-08-2018). (Ivan Nugraha)

Pati, ISKNEWS.COM – Keberadaan sejumlah artefak yang tersebar di beberapa titik di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo merupakan misteri yang dinilai menjadi sebuah kekayaan sejarah, serta potensial untuk direkonstruksi.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Sejarawan dan Budayawan asal Jogjakarta, Ki Herman Sinung Janutama saat melakukan napak tilas di Desa Prawoto. Meski peninggalan yang tersisa tidak begitu banyak, menurutnya sangat baik dan potensial untuk diteliti.

TRENDING :  Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-58, Ini Pesan Kajari Kudus Kepada Jajarannya

“Kami melihat artefak ini bisa direkonstruksi untuk menjadi kota tua. Bukan hanya sekedar desa, tapi kota. Dan dari konstruksi itulah yang nantinya akan memperlihatkan bagaimana kemajuan planologi atau cara berfikir peradaban jaman dahulu,” terang Ki Sinung ditengah kegiatan napak tilas, Jum at (3-08-2018).

TRENDING :  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Berhasil Luluskan 12 Wartawan

Dari artefak yang diketemukan, dia pun melihat jika Prawoto dulu memang dibangun menjadi sebuah peradaban kota. Termasuk dari bukti-bukti yang ditemukan seperti adanya gapura, maupun keberadaan sejumlah artefak batu yang diperkirakan bukan asli dari Prawoto.

TRENDING :  Penyidik Tipikor Polres Pati Periksa Proyek Pembangunan di Kedumulyo

“Kami mendapatkan ada artefak yang diperkirakan sengaja didatangkan dari daerah lain. Oleh karena itulah, kami yakin Prawoto ini sengaja dibangun. Bahkan konsepnya juga menarik, yakni ada kota di atas dan ada kota di bawah,” ujarnya. (IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :