Asal Usul Desa Kramat Kudus

by
ISKNEWS.COM
Foto: Masjid Nganguk Wali, Desa Kramat, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Senin (21-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebuah desa yang terletak di kecamatan Kota, kabupaten Kudus ini memiliki sebuah nama yang misterius. Desa Kramat, begitu orang menyebutnya. Nama misterius desa ini, tidak dapat dilepaskan dari keberadaan Masjid Nganguk Wali yang sejak lama menjadi ikon desa Kramat.

TRENDING :  Kepala Desa Bangsalrejo, Melayani Masyarakat adalah Semata-mata untuk Ibadah Kapada Allah

“Saya tidak tau secara pasti asal mula desa Kramat. Saya rasa, Masjid Nganguk Wali menjadi bagian dari kisah asal usul desa ini,” ucap Sururi, Kasie Kesra, Desa Kramat.

Menurut Arkeolog, Masjid Nganguk Wali dibangun pada tahun 1405 saka atau 1438 Masehi. Hal ini terlihat dari mustoko masjid yang berbentuk kepala manusia, yang diartikan sebagai angka 1. Pandangan muka kiro dan kanan yang sama berjumlah 4. Bagian atas mustoko berbentuk bulat dan berlubang, menandakan angka 0. Mustoko dipandang dari belakang, kiri dan kanan memiliki lubang 5.

TRENDING :  Bengkok Hanya Untuk Perangkat

“Dari mustoko tersebut disimpulkan, bahwa masjid ini dibangun pada 1405 saka. Keterangan ini dapat dilihat di papan informasi yang ada Masjid Nganguk Wali,” katanya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :