Asal Usul Desa Wonosoco

by
Asal Usul Desa Wonosoco ISKNEWS.COM
Foto: Tugu selamat datang Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Kamis (05-07-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Desa yang terletak di selatan Kabupaten Kudus ini memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Hamparan sawah hijau dan pegunungan karet Kendeng yang membentang luas dari timur ke barat, menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wonosoco.

Tak hanya pesona alam yang memikat hati. Budaya masyarakat Wonosoco yang masih kental, juga menjadi alasan wisatawan datang berlibur ke Desa ini. Sendang Dewot merupakan salah satu objek wisata populer di Wonosoco.

Menurut cerita keberadaan sendang ini tidak dapat dipisahkan dari kisah asal usul Desa Wonosoco. Kepala Desa Wonosoco, Setiyo Budi, menceritakan kisah terbentuknya Desa ini tidak dapat dipisahkan dari aksi perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan Belanda.

TRENDING :  Fakta Dawet Ireng yang Harus Anda Tahu

“Kala itu, Kerajaan Mataram melakukan perlawanan terhadap Belanda yang terjadi di sekitar Gunung Kendeng. Perang tersebut dipimpin oleh Pangeran Kejoran dan panglima perangnya Pakis Aji,” papar Setiyo Budi pada Kamis (05-07-2018).

TRENDING :  Bangun Pertanian di Kawasan Perkotaan dengan Urban Farming

Lanjutnya, dalam peperangan itu, pasukan Pangeran Kejoran mengalami kekalahan dan terpukul mundur menjauhi daerah tersebut. Larilah, mereka ke sisi lain dari Gunung Kendeng yang kini bernama Desa Wonosoco.

TRENDING :  Kerjasama Dengan BLK, Warga Binaan Dilatih Dua Ketrampilan Kejuruan

KOMENTAR SEDULUR ISK :