Asal Usul Masjid Jami’ Golantepus

oleh
Foto: Masjid Jami’ Golantepus, di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus (Foto : Darmanto Nugroho/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Masjid Jami’ Golantepus, di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, meyimpan kisah menarik, terkait sejarah berdirinya masjid tersebut.

Konon, menurut sejarahnya, sebelum menjadi desa, daerah itu masih berupa pedukuhan, namanya Dukuh Jetis. Awal mula yang mempunyai gagasan membangun masjid di dukuh itu, adalah Sunan Kudus. Namun sebelumnya, Sunan Kudus mengadakan musyawarah dengan sesepuh atau ketua suku setempat, untuk mendirikan masjid di Dukuh Jetis.

TRENDING :  Hari Santri, ISSLU Galang Bantuan Untuk Palu

Ketua suku pun mengizinkan Sunan Kudus membangun masjid. Namun pada saat pembangunan sedang dilaksanakan, ada sebagian penduduk yang tidak suka dan berniat menggagalkan pembamgunan masjid tersebut.

Sampai kemudian menjelang tengah malam, terdengar ayam berkokok yang dibangunkan oleh sebagian warga, serta sebagian warga bangun dan membuat puli (jajan pasar terbuat dari nasi yang ditumbuk), agar terkesan malam sudah menjelang fajar.

TRENDING :  Pelatihan Enterpreneur Muda, Training Kewira Usahaan MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus

Sunan Kudus beserta para wali lainya yang ikut terlibat, akhirnya pergi meninggalkan Desa Golantepus, karena mengira hari sudah pagi. Saat itu, pembangunan masjid tersebut belum selesai sempurna. Oleh warga masyarakat setempat, masjid tersebut kemudian dinamai Masjid Jami’ Golantepus.

TRENDING :  Mayor HM Basuno, Siapakah Dia?

Ada juga cerita lain yang masih berkatan dengan Masjid Jami’ Golantepus itu. Yakni bersamaan dengan pembangunan masjid, para wali juga membagun “kulah” atau bak penampungan air untuk tempat wudlu.

Keistimewaan “kulah” yang sampai sekarang masih bisa dilihat itu, kalau airnya penuh, “kulah” yang berada di Menara, airnya juga penuh. (DM/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :