Askhat Orazbay : Kami Siap Merealisasikan Hubungan dengan Pemkab Jepara

oleh
Askhat Orazbay : Kami Siap Merealisasikan Hubungan dengan Pemkab Jepara
Foto: Istimewa

Jepara, ISKNEWS.COM – Kiprah Indonesia menjalin hubungan baik secara global dengan barbagai negara tak diragukan lagi. Salah satunya tercermin dalam bentuk hubungan kerja sama di berbagai sektor, termasuk perdagangan dan investasi. Apresiasi dan niat baik untuk terus mendorong kerja sama itu, kembali ditunjukkan oleh 31 duta besar (dubes) dan perwakilan diplomat negara sahabat, melalui tur diplomatiknya di Kabupaten Jepara selama tiga hari sejak 20 September 2018.

Beragamnya potensi yang dimiliki Jepara, menjadi salah satu diantara faktor dipilihnya tujuan tur diplomatik mereka. Disamping furnitur/mebel yang telah jadi buah bibir di negara asalnya, kekayaan potensi serta kearifan lokal yang dimiliki kabupaten berjuluk Kota Ukir ini juga menjadi sebab mereka berkunjung.

TRENDING :  Adu Piawai Berkendara Para Difabel Ikuti Lomba Safety Riding

Salah seorang peserta tur diplomatik, yakni Dubes Kazakhstan, Askhat Orazbay, dalam acara welcome dineer, di Pendapa RA Kartini Jepara Kamis (20-9-2019) mengaku terkesan bahwa Kabupaten Jepara memiliki banyak potensi unggulan yang dapat dikembangkan. Ia meyakini dengan beragam potensi yang dimiliki tersebut, dapat menjadikan Jepara kedepannya sebagai kabupaten yang patut diperhitungkan, dan mampu bersaing dengan ibu kota Negara Indonesia. “Kami akan menginformasikan bahwa kota yang terbesar tidak hanya Jakarta tetapi Jepara merupakan sebuah potensi kota yang menjadi kota yang besar,” ujar dia.

TRENDING :  Uji Laboratorium Sampel Air Sungai Karangrandu Belum Keluar

Banyaknya produk unggulan yang ada di Jepara, baik sumber daya alam, pariwisata dan budaya, serta berbagai macam produksi olahan. Pihaknya mewakili para dubes lainnya sangat antusias dan berjanji membantu mempromosikannya di negara asal. “Kami akan berusaha untuk menginformasikan kepada para kolega-kolega kami di luar negeri. Kami akan berusaha untuk merealisasikan hubungan dengan Pemkab Jepara, dan berharap di masa depan Jepara menjadi satu daerah yang sukses dan makmur,” kata Askhat Orazbay.

Sebelumnya, dalam kesempatan itu Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, juga memaparkan produk dan potensi unggulan dari berbagai wilayah yang ada di daerahnya. Bahkan sebagian besar wilayah yang memiliki produk unggulan telah dijadikannya sebagai kawasan sentra industri, diantaranya furnitur/mebel ukir, gebyok ukir, patung kayu, rotan, tenun ikat Troso, monel, dan roti, serta lainnya. “Bahkan, yang terkait dengan hasil olahan tangan lebih-lebih furnitur/mebel ukir ini sudah mengekspor ke 111 negara di dunia dari berbagai benua, dengan nilai ekspor sebesar 166,8 juta US dollar atau lebih dari Rp 2,2 triliun” paparnya. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :