Awali Tradisi Kupatan di Kesambi, 250 Peserta Ikuti Mancing Mania

oleh

Kudus, isknews.com – Even Tradisi Kupatan di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, pada lebaran 1438 H – 2017 ini, diwarnai dengan lomba mancing atau Macing Mania. Lomba yang diikuti sekitar 250 peserta itu, berlangsung satu hari, Sabtu (01/07), di Sungai Piji, sebelah timur Balai Desa Kesambi. Mancing Mania ini mengawali acara puncak Syawalan di Desa Kesambi yang akan dilaksanakan Ahad (02/07). Selain dihibur dengan pentas musik ndangdut, pengunjung juga bisa naik perahu dan kereta mini.


Ketua Panitia Mancing Mania, Eric Gunawan, yang dihubungi isknews.com, Sabtu (01/07), di sekretariat Panitia Kupatan Desa Kesambi, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menarik perhatian warga masyarakat, juga sebagai promosi terkait dengan akan diadakannya acara tradisi kupatan di Desa Kesambi. Dengan adanya lomba mancing ini, banyak masyarakat yang datang pada puncak acara kupatan, Ahad besok, karena peserta lomba mancing ini terbuka untuk umum, bukan hanya dari Kudus, namun ada juga yang dari Pati.”


Arena lomba mancing itu, ungkapnya lanjut, adalah Sungai Piji, di sebelah timur Balai Desa Kesambi. Di sungai itu, panitia menyebar sebanyak dua kuintal ikan lele, enam ekor diantaranya berukuran jumbo, berat masing-masing tiga kilogram. Pemenang ditentukan peserta yang mendapatkan ikan terbesar dan terberat. Sedangkan untuk peserta yang mendapat ikan yang beratnya kurang dari tiga kilogram, bisa langsung dibawa pulang, setelah ditimbang oleh pantia. “Dengan beaya pendaftaran Rp 20.000 per orang, peserta mempunyai kesempatan meraih hadiah utama berupa dua sepeda gunung, TV dan kipas angin, serta door prize yang jumlahnya sekitar 50 buah.”


Karena tujuannya adalah mewadahi komunitas Mancing Mania, sekaligus menyalurkan hobi bagi masyarakat yang gemar mancing, panitia pun tidak menbatasi waktu lomba mancing. Peserta diberi kesempatan memancing sepuas-puasnya, sampai ikan yang disebar di sungai itu habis. “Pagi tadi, lomba mancing itu dimulai pukul 08:00, sampai nanti maksimal pukul 16:00,” jelas Ketua Pantia Mancing Mania even Kupatan Desa Kesambi itu.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

TRENDING :  OJK : Waspadai Surat Kuasa M1 dari UN Swissindo dan Penawaran Pelunasan Kredit