Awas! Jangan Kalap Makan Saat Lebaran, Waspadai Penyakit Ini

by
Perhatikan Hal Ini, Agar Tetap Sehat Selama Lebaran ISKNEWS.COM
Foto: Opor ayam yang menjadi makanan khas lebaran bagi masyarakat Jawa, Senin (11-6-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Pada suasana Idul Fitri seperti ini, akan mudah sekali dijumpai berbagai macam makanan dan kudapan lezat di rumah sendiri maupun di rumah sanak saudara dan tetangga saat bersilaturrahim. Tak dipungkiri, menghidangkan makanan dan kudapan saat hari lebaran memang sudah menjadi sebuah tradisi di masyarakat.

TRENDING :  Waw... Daging Sapi Naik Rp 10 Ribu Per Kilogram

Kondisi tersebut, kerap kali membuat orang menjadi kalap makan. Berbagai macam makanan dan kudapan yang tersaji di depan mata, dicoba satu persatu. Sadar atau tidak, pola makan seperti ini berpotensi menimbulkan masalah kesehatan atau penyakit.

Apalagi, sebagian makanan khas lebaran seperti opor, rendang dan sambal goreng ati merupakan makanan berlemak dan bersantan. Makanan ini tentu, mengandung kadar kolestrol yang tinggi.

TRENDING :  Jejak Kejayaan Kereta Api Masa Silam, Nasibmu Kini

Selain itu, saat lebaran cukup sulit menemukan makanan sehat berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Asupan yang tidak terjaga serta pola konsumsi yang kalap, tentu akan mempengaruhi kondisi tubuh setelah satu bulan berpuasa.

TRENDING :  Uniknya, Dialek Bahasa Jawa Khas Kudus

“Saat lebaran tiba, kita tetap harus menjaga asupan dan pola makan. Utamanya pada penderita penyakit tertentu, seperti hipertensi dan diabetes,” kata dr. Budi Istriawan.

KOMENTAR SEDULUR ISK :