Bagunan Makam Kuno Ditemukan di Kompleks Punden Mbah Gemirah

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – sebuah bangunan yang diduga makam kuno ditemukan di kompleks Punden Mbah Gemirah Dukuh cacah, desa sukuharjo, Kecamatan Margorejo beberapa hari lalu. Sontak, penemuan itu membuat geger warga sekitar. Bahkan, ada yang mengira bahwa bangunan itu merupakan peninggalan zaman kuno.

Joko Sunti selaku juru kunci makam dan yang menemukan bangunan kuno itu mengatakan, di sekitar punden itu sebelumnya memang tidak ada bangunan apa-apa selain sumur tua peninggalan Mbah gemirah dan pendapa. Namun, ketika orang luar daerah datang ke punden, banyak yang menanyakan lokasi makam Mbah gemirah.

TRENDING :  Maulana Hamdan, Beri Penghargaan Dua Anggota Polres Pati

“Saya sendiri tidak tahu lokasi makamnya dimana. Karena saya hanya disuruh untuk menjaga punden dan merawat sumur tua itu,” ujarnya, kamis (1/11/2018).

Karena banyak yang menanyakan keberadaan makam Mbah gemirah, dirinya kemudian melakukan tirakat dengan puasa tujuh hari untuk memastikan keberadaan makam Mbah gemirah tersebut. ketika sampai tujuh hari, dirinya mengaku mendengar bisikan bahwa makam yang bersangkutan tidak jauh dari lingkungan punden.

TRENDING :  Ganjar Pranowo, Pemuda Harus Jadi Pelopor Era Kekinian

Tidak hanya sekali, dia mendapatkan bisikan itu sampai beberapa kali. Sehinga pada Jumat (26/10/2018) usai melaksanakan shalat jumat kemudian menuju punden dengan membawa cangkul. dia menggali di sebelah timur sumur yang ada di punden. Ketika galainnya mencapai kedalaman 50 cm, dirinya menemukan adanya bangunan dari batu bata merah.

“Merasa penasaran, galiannya saya lanjutkan dan ternyata ada banyak konstruksi batu bata yang tertata rapi berlapis tiga. Saya kemudian meminta bantuan warga sekitar untuk membantu menggali makam kuno tersebut,” imbuhnya.

TRENDING :  KPU Pati Lantik 21 PPK Kecamatan

Warga kemudian menggali bangunan itu karena terpendam dibawah tanah yanh di atasnya terdapat pepohonan jati. sebelumnya, warga juga tidak mengira di kompleks punden tersebut ada kosntruksi bangunan kuno yang diduga makam Mbah Gemirah itu. (WR/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :