Balai Jagong Kudus, Sebuah Ruang Publik Untuk Jagong Kebudayaan

Balai Jagong Kudus, Sebuah Ruang Publik Untuk Jagong Kebudayaan

Kudus, isknews.com – Pembangunan balai jagong yang letaknya di bagian belakang Stadion Wergu Wetan, Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus yang kini sedang dalam proses pengerjaan, merupakan salah satu kegiatan rencana yang pembangunannya berada di kawasan sport center di komplek GOR Wergu Wetan itu.

Balai Jagong yang menurut Bupati Kudus dalam sebuah kesempatan didedikasikan kepada seni budaya Kudus, Selain untuk pentas secara rutin, Balai Jagong itu juga akan menjadi tempat diskusi para seniman dan budayawan Kudus. Sehingga mereka akan bisa memiliki tempat untuk sharing mengenai keberlangsungan seni dan budaya di wilayah ini. Dalam sebuah dialog interaktif dengan komunitas seniman Kudus, para pemerhati budaya mengeluarkan gagasannya terhadap budaya. Namun secara umum mereka ingin keberadaan budaya mendapatkan perhatian yang cukup dari pemerintah. Karena ini merupakan salah satu kekuatan masyarakat dalam membangun bangsa dan daerah.

BACA JUGA :  Segera Dibuka Pendaftaran Pemilihan Mas & Mbak Duta Wisata Kudus 2017

Dalam acara tersebut bupati menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan selalu memberikan dukungan di bidang budaya, dan sebagai bentuk manifestasi perhatiannya diwujudkan dalam sebuah ruang publik yang dinamakannya Balai Jagong.  Yaitu tempat pentas secara terbuka yang juga digunakan untuk rembug bareng mengenai seni dan budaya.

Pantauan isknews.com, di lokasi proyek, Jumat (23/9), pada papan proyek tertulis proyek balai jagong itu pengadaannya oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, kegiatan pekerjaan pembangunan sport center, terdiri atas balai jagong, pengurugan dan akses jalan. Beaya seluruhnya sesuai nilai kontrak, sebesar Rp 5.891.105.000, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus TA 2016. Lama pengerjaan 180 hari kalender, terhitung sejak 18 Mei 2016.

Posisi balai jagong ini menghadap ke utara, di mana di lahan tersebut akan dibangun areal parkir berbentuk L, dari mulai depan balal jagong sampai di sebelah timur stadion sepak bola. Sport center di Wergu Wetan itu, berdasarkan denah gambar proyek, meliputi stadion sepak bola, GOR, Olimpic Pool, tenis indoor, climbing wall, lapangan basket, BMX area dan gedung Kantor Komite Olah Raga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Kudus.

Untuk balai jagong, sesuai gambar proyek, luasnya sekitar 100 x 100 meter, di setiap sudut dibangun tembok yang pada kanan kirinya berbentuk landai yang bagian dalamnya ditanami tanaman hias. Sementara di bagian dalam, juga pada empat penjuru, dibangun tempat duduk dengan atap yang berbentuk artistik. Masih ada lagi daya tarik pengunjung yang santai (jagong), adalah di tengah bangunan berupa taman berbentuk lingkaran. Taman ini mendominasi seluruh bangunan balai jagong tersebut.(DM)

Share This Post