Balai Latihan Kerja (BLK) Penting Hadapi Persaingan Kerja Di Era MEA

by

Semarang – Persaingan dunia kerja semakin ketat dan butuh peran berbagai pihak untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Selain pendidikan formal, keberadaan pendidikan nonformal seperti Balai Latihan Kerja (BLK) juga penting dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan berkompeten di berbagai bidang.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjadmoko MSi saat memberikan pengarahan pada rapat koordinasi dan halal bihalal tenaga kerja dan transmigrasi di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Jateng, Selasa (26/7). Menurutnya, dengan pasar bebas di era MEA seperti sekarang, persaingan di dunia kerja juga semakin ketat.

“Sehingga bagaimana dalam waktu yang relatif tidak lama, kita harus dapat menyiapkan tenaga kerja sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Baik peningkatan keahlian melalui pendidikan formal maupun nonformal,” ujar wakil gubernur.

Untuk pendidikan formal, lanjut dia, upaya yang dilakukan salah satunya mensinkronkan program pendidikan formal dengan kebutuhan perusahaan, sehingga penyerapan tenaga kerja semakin tinggi. Sedangkan nonformal dengan memperkuat berbagai pelatihan keterampilan dan keahlian, baik di 38 BLK yang tersebar di Jateng maupun pelatihan yang ditangani pihak swasta.

KOMENTAR SEDULUR ISK :