Bangun Sinergi Kemitraan Usaha Mikro Kecil & Menengah Melalui “Kudus Business Forum”

Bangun Sinergi Kemitraan Usaha Mikro Kecil & Menengah Melalui “Kudus Business Forum”

Kudus, isknews.com – Kemitraan dalam wirausaha sangat penting, jika seorang wirausaha memiliki sebuah ide bisnis yang brilian dan prospektif, tetapi tidak memiliki modal atau keterampilan yang dibutuhkan, bukan berarti harus berhenti mewujudkannya karena ada banyak cara untuk mengatasinya. Disinilah salah satu fungsi dan manfaat kemitraan dalam dunia wirausaha.

Dalam rangka mengembangkan pembangunan yang mandiri dan berkelanjutan dengan landasan dan struktur perekonomian yang kokoh dan berkeadilan dengan ekonomi rakyat sebagai tulang punggung utamanya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kudus menggelar kegiatan “Kudus Business Forum” yang telah berlangsung di Hotel @Hom Kudus, (26,27/4/2017).

Acara yang berlangsung dua hari itu, mengundang 150 pelaku UMKM dan pengusaha yang mempunyai usaha kecil dan menengah dibidang makanan khas Kudus, maupun kekayaan lokal Kudus lainnya.

TRENDING :  LIVE MATCH : Persiku Sementara Unggul 3-0

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kudus, Revlisianto Subekti mengatakan, Kudus itu surganya UMKM, sedangkan disisi lain banyak perusahaan besar disini, harapannya ada sinergi diantara mereka, dalam artian perusahaan besar bisa mengangkat perusahaan kecil atau UMKM.

“Seperti halnya produk produk olahan makanan, Terlebih bisa mengangkat cita rasa dari kuliner Kudus,” Terangnya

Paling tidak, melalui jaringan toko toko swalayan, hotel, maka akan merambah pasar yang lebih luas, saat ini pangsa pasar konveksi Kudus bisa di taruh di pasar kliwon sudah cukup, karena disamping pasar grosir terbesar di pantura timur, juga letaknya Kudus di jalur perlintasan sehingga memudahkan bertemunya transaksi jual beli.

Harapan nya dengan adanya kegiatan tersebut, UMKM yang ada di kabupaten Kudus yang tadinya kecil tumbuh menjadi besar, “Tidak hanya kuliner, tapi bisa mengangkat produk lokal yang ada,” Ujar Revlisianto.

TRENDING :  PENYERAPAN GABAH PETANI OLEH TIM SERGAP DI WILAYAH KEC UNDAAN

Peserta di hari pertama ada pengusaha pengelolaan makanan ringan, pengusaha kuliner dan lainnya, sedangkan di hari kedua ada pengusaha konveksi, bordir, makanan khas dan lainnya “Meskipun belum bisa mengundang denagn skala lebih besar, namun harapan kami besok akan kira wujudkan,” Harapnya

Selain dari Bank Jateng sebagai pematerinya, Hadir Robby Ardiarta, Ketua kamar dagang dan industri (kadin) di Kudus, dalam materinya, kemitraan ialah jalinan kerjasama usaha yang merupakan strategi bisnis yang dilakukan antar dua pihak atau lebih dengan prinsip saling menguntungkan, membutuhkan, membesarkan dan didalam kerjasama tersebut, tersirat adanya suatu pembinaan dan pengembangan.

Dirinya menambahkan, Pada dasarnya, kemitraan merupakan kegiatan saling menguntungkan dengan berbagai bentuk kerjasama dalam menghadapi dan memperkuat satu sama lain. Tujuan utama kemitraan ialah

TRENDING :  4 Kepala SD “Naik Pangkat” Menjadi Kepala UPT

Dalam dunia usaha, kemitraan merupakan satu bentuk usaha bersama, yaitu para mitra usaha berbagi keuntungan atau kerugian sebagai konsekuensi dari kegiatan investasi yang dilakukan. Dalam arti yang lebih sempit, kemitraan ialah kontrak atau perjanjian antar individu yang sepakat untuk menjalankan usaha dan memberikan kontribusi terhadap usaha dengan menyatukan kekayaan, pengetahuan, kegiatan dan saling menguntungkan.

Dalam menjalin kemitraan, disamping menggunakan kontrak resmi atau perjanjian tertulis, terkadang juga tanpa menggunakan perjanjian resmi, hanya dengan atas dasar rasa saling percaya. Dalam hal ini, wirausaha muncul dan berkembang dalam pergaulan sosial diantara pelakunya. Untuk itu, para pelaku wirausaha tersebut harus mengetahui dan memahami prinsip-prinsip kemitraan. (AJ/isknews.com)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*