Banjir Dan Tanah Longsor Masalah Pembangunan Daerah Kabupaten Kudus

Banjir Dan Tanah Longsor Masalah Pembangunan Daerah Kabupaten Kudus

Kudus, isknews.com – Bencana banjir dan tanah longsor, menjadi salah satu permasalahan pembangunan daerah Kabupaten Kudus. Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Kudus, Sudjatmiko, dalam acara Konsultasi Publik dan Sosialisasi Rancangan Awal RKPD Kabupaten Kudus 2018, Rabu (01/3), berlangsung di ruang rapat lantai IV Gedung Setda Kabupaten Kudus.

Rapat yang dibuka oleh Sekda Noor Yasin itu, yang dihadiri sekitar 250 undangan, dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kudus, Noor Yasin didampingi oleh seluruh Asisten pemerintahan sekretaris daerah, wakil ketua DPRD, Ilwani, para pimpinan OPD, Direktur BLUD, Fedep, Akademisi dan LSM.

Dalam paparannya, Sudjatmiko menerangkan, selain bencana alam banjir dan tanah longsor, permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Kudus dalam menjalankan pembangunan daerah, kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, penanggulangan kemiskinan, daya saing produk UKM dan market share, kualitas pelayanan publik dan ketimpangan antar wilayah.

Sehubungan dengan permasalahan di atas, rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Kudus 2013-2018 pada tahun kelima, RKPD 2018 temanya adalah mewujudkan Kabupaten Kudus yang makin sejahtera. “Adapun prioritas pembangunannya meliputi, peningkatan kualitas pelayanan dasar, kemiskinan dan pengangguran, ekonomi kerakyatan, tata kelola pemerintahan dan peningkatan kualitas insfratuktur.”

Mengenai arah kebijakan ekonomi Kabupaten Kudus, katanya lanjut, target sasaran pembangunan TA 2018, pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5 %, laju inflasi 4+/- 1 %, PDRB per kapita Rp 105 juta, persentase penduduk miskin 7,7%,”Sedangkan tingkat pengangguran terbuka (TPT), ditargetkan sebesar 4,68 persen,” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Wakil Gubernur Jateng, Bersama Danrem 073/MKT, Dan Bupati Kudus Resmi Buka TMMD REG Ke-98 TA. 2017 

Share This Post

Post Comment

*