Bantuan Untuk Parpol Tak Boleh Untuk Kampanye

oleh

Kudus, isknews.com – Bantuan untuk partai politik (banpol) dari pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yakni Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2018, tidak boleh digunakan untuk kampanye. Di Kabupaten Kudus, jumlah parpol peserta pemilu 2018 yang terdaftar di Kantor Kesbangpol Kabupaten Kudus, sebanyak 11 parpol.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Kudus, Eko Dwi Jatmiko, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Kamis (04/01/18), mengatakan hal itu. Menurut dia, sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, setiap parpol peserta pemilu, memperoleh banpol dari Pemkab yang diberikan melalui Kesbangpol Kabupaten. “Tujuan dari diberikannya bantuan itu adalah untuk pembinaan parpol yang bersangkutan, terkait keikut sertaanya dalam Pemilu 2018. Di Kabupaten Kudus, ada sebanyak 11 parpol yang menerima banpol.”

TRENDING :  Buka Hingga Malam, Perpusda Dongkrak Tingkat Kunjungan dan Minat Baca Masyarakat

Karena tujuannya untuk pembinaan, lanjutnya, banpol tidak diperbolehkan untuk kampanye, termasuk pengadaan alat peraga. Banpol hanya boleh dipakai untuk keperluan kegiatan interen parpol, antara lain untuk pendidikan politik kader dan administrasi. Oleh sebab itu kepada parpol yang menerima banpol, penggunaannya harus sesuai peruntukkannya. “Karena banpol itu dianggarkan dalam ABPD Pemkab, parpol penerima bantuan harus membuat laporan pertangungjawaban (LPJ) yang ditujukan ke bupati.”

TRENDING :  Sependek Kisah Nyimut, Getuk Goreng Asal Desa Kajar

Mengenai prosedur mendapatkan banpol, karena bantuan tersebut merupakan bantuan hibah, parpol harus mengajukan proposal. Kesbangpol kemudian akan menindaklanjuti dengan melakukan peninjauan atau survei ke kantor sekretariat parpol, bersama tim yang terdiri dari Bappedalit, Inspektorat, Bagian Hukum dan KPUD. Dari hasil survei tersebut, akan menjadi dasar apakah parpol tersebut memenuhi persyaratan memperoleh banpol.

TRENDING :  Parpol Pertanyakan Tes Kesehatan

Banpol untuk parpol peserta pemilu di Kabupaten Kudus, sebanyak 11 parpol, sudah diterimakan semua, keseluruhan total sebesar Rp 1.179.306.450. “Besarnya bantuan setiap parpol bervariasi, berdasarkan jumlah kursi di DPRD yang dimiliki oleh parpol perolehan suara di daerah pemilihan (dapil) masing-masing,” tegas Kepala Kesbangpol Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :