Baru Rampung Dibangun, Kanopi Bagian Belakang Pasar Rakyat Roboh

oleh
Kanopi Pasar rakyat yang terletak di kompleks pasar baru runtuh usai di serahkan pelaksanaan pekerjaannya ke Dinas perdagangan Kudus (Foto: YM)

Kudus, idsknews.com – Kanopi di bagian belakang Pasar Rakyat yang berada di kompleks Pasar Baru wergu wetan Kudus, pagi tadi roboh, kanopi sepanjang 54 meter dan disangga oleh baja ringan tersebut tiba-tiba runtuh saat bebrapa pekerja sedang melakukan pembenahan Kanopi yang berbahan alderon tersebut.

Menurut saksi mata yang melihat kejadian runtuhnya kanopi dipasar yang baru saja selesai peleksanaan pekerjaannya pada 30 Desember 2018 tersebut, Tumiran, salah seorang pedagang  burung merpati yang lapaknya tepat berada di depan lokasi kejadian mengatakan,  kanopi itu tiba-tiba runtuh.

“Padahal tidak ada angin kencang, mungkin tulangan penyangganya kurang kuat menahan beban atap alderon,” katanya..

Diterangkan oleh Sukarno yang di amini pedagang – pedagang burung disebelahnya, pada saat kejadian berlangsung tidak ada aktifitas pekerjaan diatas, hanya, ada dua pekerja yang sedang bekerja memotong alderon di bawah kanopi tersebut. Dan keduanya ikut tertimpa atap tersebut.

TRENDING :  Nekad Terobos Banjir Puluhan Sepeda Motor Mogok

“Beruntung keduanya tidak mengalami luka serius, hanya luka-luka ringan akibat terbeset cuilan baja ringan,” katanya.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Jono dan rekannya Ridho, dua orang pekerja yang mengaku tertimpa reruntuhan itu, dia menjelaskan keduanya saat itu sedang bekerja di bawah kanopi yang tiba-tiba runtuh. Tesrebut.

“Kami berdua sedang motong-motong ini, tiba-tiba brukk, kami loncat menyelamatkan diri, tapi tak apa-apa hanya luka ringan. Ini mau lanjut membersihkan kanopi yang retak-retak,” terang Jono sambil memperlihatkan luka-luka terkena sabetan material yang runtuh.

TRENDING :  Satu Pengunjung Di Benteng Portugis Jepara Tersengat Ikan Pari

Sementara itu, Yuli Setiawan pimpinan PT Yoga Jaya Perkasa, selaku pelaksana pembangunan Pasar Rakyat, Dirinya mengatakan, jebolnya kanopi tersebut karena ada pegawai yang berada diatas atap sehingga atap tersebut tak kuat lalu runtuh.

“Tadi kanopinya dinaiki enam pekerja. Tapi karena ada beberapa baut yang dilepas untuk masang sling jadinya roboh,” kata Yuli.

Ditambahkan oleh Yuli, “sesuai arahan TP4D struktur penyangga kanopi itu memang disarankan untuk di sangga dengan sling yang di tarik membentuk segitiga dari atas, nah hari ini kami rencanakan akan memasang sling tersebut, namun keburu runtuh,’ jelas Kontraktor tersebut.

Yuli memperkirakan perbaikan dan pemasangan item ini akan membutuhkan ttambahan waktu selama dua hari. Anggaran untuk perbaikannya diperkirakan mencapai Rp lima juta.

TRENDING :  HARI SANTRI 2018 : Santri Kudus Diminta Terapkan Filosofi Gusjigang

Rencananya, lanjut dia, semua kanopi sepanjang 100 meter hendak ditambah 16 tiang, 16 kawat sling yang ditarik ke atas untuk setiap 6 meter, serta besi siku.

Proyek pembangunan pasar rakyat tersebut, dalam masa perawatan setelah diserahkan kepada Dinas Perdagangan Kudus.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Pasar Rakyat Andy Imam Santosa membenarkan kanopi di Pasar Rakyat ambrol dan masih menjadi tanggungjawab rekanan karena masih dalam perawatan.

Bangunan Pasar Rakyat ini dibangun diatas luas bangunan 55×25 meter persegi, Adapun besarnya anggaran pembangunan Pasar Rakyat di kompleks Pasar Baru Kudus ini adalah sebesar Rp5,69 miliar. (YM/YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :