Bawaslu Kudus Waspadai Politik Uang Di Masa Minggu Tenang Pemilu

oleh
Apel kesiapan Jajaran Bawaslu Kudus jelang minggu tenang kampanye pemilu 2019 (foto: YM)

Kudus, isknews.com – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kudus, pagi tadi menggelar apel kesiapan pengawasan Pemilu tahun 2019.  Apel di gelar di halaman Kantor Bawaslu di Jalan GOR wegu Wetan Kudus, Jumat (13/04/2019).

Acara yang juga di hadiri unsur Polres dan Kodim serta perwakilan Komisioner KPU dan Panwaslu Kecamatan se Kudus juga dilakukan pembacaan ikrar Bawaslu.

Dalam ikrarnya Bawaslu berjanji akan bekerja secara profesional berdasarkan UU no 17 tentang Pemilu, senantiasa menciptakan stabilitas keamanan pemilu dengan selalu berkordinasi dengan TNI-Polri serta Instansi terkait dan akan selalu menjaga makhwah Bawaslu dengan UU dan kode etik pemilu dengan maksimal melakukan  pencegahan dan menindaktegas Kecurangan politik.

TRENDING :  Sesuai Aturan Pemasangan APK Dibatasi

Wahibul Minan, ketua bawaslu Kudus,dalam kata sambutannya menyampaikan, apel pengawasan pemilu 2019 dimaksudkan agar tercipta Pemilu yang jujur dan adil serta tercipta pemilu yang berintegritas.

“Pemilu adalah perayaan dan Pesta Demokrasi untuk kita harus gembira dalam menyambutnya, Pemilu sekarang ini adalah sejarah baru dalam pemilihan umum ini menjadi ujian besar bagi kita karena Bawaslu yang sudah 11 tahun berdiri dipercaya masyarakat dalam pengawasan pemilu,” katanya.

Tugas sebagai pengawas pemilu adalah tugas yang sangat mulia karena menyangkut masa depan bangsa untuk itu kita harus selalu berdoa agar amanah yang kita emban ini bisa berjalan dengan baik.

TRENDING :  Tak Pandang Bulu Bawaslu Sikat APK Di Pohon, Tiang Listrik Dan Zona Larangan

“Sebelum pelaksanaan pemilu kita akan di hadapkan dengan masa tenang,berdasarkan pengalaman masa tenang cenderung di lakukan praktek politik kecurangan sehingga banyak terjadi bentrok antar pendukung,”

Politik uang jelas merusak tatanan Demokrasi oleh karena itu Bawaslu bersama masyarakat kita tolak Politik uang pada masa tenang sehingga tercipta politik yang bersih dari kecurangan.

“Berkenaan dengan hal tersebut ketua Bawaslu Pusat sangat mengapresiasi seluruh Bawaslu di seluruh penjuru nusantara, mulai hari ini kita akan bergerak untuk mencegah pelanggaran dan mengantisipasi politik uang serta potensi pelanggaran lainya,” tutur Minan.

TRENDING :  Bawaslu Kudus Siap Atasi Laporan Pelanggaran Administrasi TSM

Wahibul Minan menganggap masa tenang berpotensi terjadi kecurangan dan pelanggaran dalam bentuk politik uang.

“Rentan terjadi sampai pada hari pemungutan suara, sehubungan dengan itu,  bawasluu Kudus  akan melakukan patroli pengawasan di 9 kecamatan, se-Kabupaten Kudus.

“Patroli ini dijadwalkan dilakukan pada tanggal 14-16 April 2019,” terang dia.

Patroli ini didahului kegiatan apel siaga, yang akan dihadiri Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Desa/Kelurahan, se-Kabupaten Kudus.

Kegiatan ini kata Wahibul Minan, didesain sebagai bentuk pencegahan terhadap potensi pelanggaran pemilu menjelang hari pemungutan suara.

“Ini sebagai bentuk pencehahan pelanggaran Pemilu,” terang Wahibul Minan. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :