Bayi Bangkotan ikut ramaikan pesta rakyat di desa Bangsalrejo 

Istilah bayi bangkotan bagi warga Desa Bangsalrejo kecamatan Wedarijaksa Pati adalah orang tua yang mempunyai prilaku seperti bayi, tidak lepas dari dot dimulutnya bayi bangkotan menarik perhatian dari perserta kirap atau warga yang menyaksikan kirap budaya atau hasil bumi.

Kegiatan kirap ini, dilaksanakan dalam mengisi acara bersih desa atau sidaqoh bumi yang dilakukan oleh warga Bansalrejo setiap tahun. 

Sidakoh bumi merupakan tradisi tahunan atau tradisi turun temurun yang dilakukan oleh warga bangsalrejo. Namun kegiatan acara tahun ini lebih meriah dibanding dengan tahun sebelumnya.

TRENDING :  Ooo,,, Ternyata Komjen Pol Budi Waseso warga asli Pati.

Tahun ini acara sedekah bumi desa Bangsalrejo diisi dengan kirap budaya dan kirap hasil bumi, tidak hanya hasil bumi dari seluruh potensi yang ada ikut dikirapkan mulai hasil kerajinan tangan, hasil home industri maupun hasil laut.

Kegiatan tersebut terlaksana adanya peran aktif baik materi maupun moril dari seluruh warga, sikap gotong royong dan kebersamaan begitu terasa mereka bersama-sama menyumbangkan semua kebutuhan yang diperlukan dalam menunjang terlaksananya acara kirap.

TRENDING :  Dua Anak Jalanan Bawa Senjata Tajam Terjaring Patroli Sat Pol PP

Selain kirap acara sodakoh bumi juga dihibur beberapa kesenian mulai dari watang kulit, dandut, dan ketoprak.

Adapun peserta kirap diikuti perwakilan dari masing-masing Rt, setiap warga dengan riang gembira bahkan bangga diikutkan dalam.acara kirap tersebut peserta kirap juga diikuti oleh beberapa sekolah mulai dari SD hingga Perguruan tinggi.

TRENDING :  BUPATI HARYANTO HADIRI HALAL BI HALAL BERSAMA PEMERINTAH DESA DAN DINAS INSTANSI SE KECAMATAN WINONG

Menurut Kepala Desa, kegiatan ini dilakukan untuk membangunkan semangat kebersamaan agar warga desa senantiasa kompak dalam kegiatan di segala bidang, baik bidang keagamaan ataupun sosial. Di samping itu, acara dilakukan sebagai ungkapan stukur kepada Tuhan YME karena adanya campur tangan Tuhan hasil pertanian melimpah. Kepala desa juga berharap supaya tahun depan hasil pertanian, perkebunan, dan dari hasil laut menongkat sehingga warga kami hidup sejahtera.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post