BBPJN Segera Perbaiki Ruas Jalan Nasional Yang Melintas Pantura Timur Tahun Ini

oleh
Kerusakan jalan di sejumlah ruas jalan di Pantura Timur akan segera di perbaiki oleh BBPJN (foto: YM)

Kudus, isknews.com – Otoritas penyelenggara jalan nasional Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadwalkan perbaikan sejumlah ruas jalan di jalur Pantura Timur di tahun 2019 ini.

Termasuk ruas jalan nasional di wilayah Kabupaten Kudus, yang dimulai dari jalan di kawasan sekitar Jembatan Tanggulangin Kudus- Pati hingga Rembang perbatasan Jawa Timur (Jatim) dengan menganggarkan biaya perbaikan sebesar Rp 143 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tengguli-Kudus-Pati- batas Jawa Timur (Rembang) BBPJN VII, Suratno mengatakan, dari serangkaian perbaikan jalan pantura timur tersebut, ruas jalan rigid (beton) Lingkar Tenggara Kudus sepanjang sekitar 8 kilometer dan jalan rigid daerah Batangan Kabupaten Pati, dikerjakan lebih awal.

TRENDING :  Fasilitas Sports Center di Kabupaten Kudus

Selain itu pelebaran jalan lingkar Pati seipanjang sekitar 5,2 kilometer. ”Saat ini perbaikan jalan rigid Lingkar Tenggara Kudus dan Batangan Pati, serta pelebaran Jalan Lingkar Pati sedang kami persiapkan,” ujarnya.

Perbaikan dan pelebaran ketiga ruas jalan di Kudus dan Pati, ditarget sebelum Idul Fitri awal Juni mendatang, sudah selesai, Sedang jalan aspal sepanjang jalur pantura timur mulai Kudus hingga batas Jawa Timur (Rembang) sebelumnya telah dilakukan perbaikan.

TRENDING :  Harga Kebutuhan Pokok Berangsur Normal

Namun demikian jika terdapat ruas jalan yang mengalami kerusakan segera dilakukan perbaikan.”Kami akan terus melakukan pantauan, dan bila ditemukan adanya kerusakan jalan sudah ada anggaran untuk perbaikan,” ungkapnya.

Seperti di beritakan di media ini sebelumnya, sejumlah pengguna jalan di Kudus mengkritisi rusaknya sejumlah ruas jalan rigid lingkar tenggara Kudus. Sebagian besar jalan pecah dan berlubang, sehingga membahayakan pengguna jalan.

TRENDING :  19 Puskesmas di Kudus Telah Lewati Akreditasi, Puluhan Klinik Menyusul

Warga sempat mengapresiasi kecepatan rsepon BBPJN VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR yang telah melakukan penambalan sejuamlah jalan berlubang menggunakan material clod mix dan agregate di beberapa ruas jalan rusak di ring road tenggara tersebut.

meski jalan yang ditambal terbatas, dilakukan bersamaan dengan penambalan jalan kabupaten.

”Kalau kondisinya cukup parah kami bisa saja ikut melakukan penambalan, tetapi tepat harus berkoordinasi dengan pihak BBPJN VII yang memiliki kewenangan,” terang Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Kudus, Harry Wibowo. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :