Bea Cukai Kudus Amankan Rokok Ilegal Senilai Rp143 Juta

oleh
Foto: Minibus berwarna kuning metalik yang digunakan untuk mengangkut rokok ilegal. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC-TMC) Kudus, kembali mengamankan rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) sebanyak 200 ribu batang, Senin (22-01-2018) sore.

Penyitaan tersebut, merupakan hasil dari pemantauan tim Bea Cukai Kudus setelah mendapatkan informasi tentang adanya pengiriman rokok ilegal, menggunakan mini bus dengan ciri-ciri tertentu.

Kronologi kejadiannya, rokok ilegal diangkut dengan menggunakan sebuah minibus berwarna kuning metalik.

TRENDING :  Kisah Tentang Tanah Norowito

“Setelah mengetahui keberadaan minibus, segera tim dari kami menghentikan minibus tersebut saat melintas dari arah Jepara menuju Purwodadi, melalui Jalan Raya Pasar Gajah Purwodadi,” ungkap Kepala KPPBC-TMC Kudus, Imam Prayitno, Rabu (24-01-2018).

Dikatakan Imam, Bea Cukai terus berintensif melakukan pengawasan dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai. Salah satu upaya nyata yang dilakukan Bea Cukai wilayah kerja KPPBC TMC Kudus, adalah dengan dengan melaksanakan Operasi Patuh Ampadan yang ditujukan untuk meningkatkan pengendalian peredaran barang kena cukai ilegal.

TRENDING :  Puluhan Karyawan Antusias Ikuti Donor Darah di RS Mardirahayu Kudus

“KPPBC terus menindak peredaran dan produksi Barang Kena Cukai (BKC) ilegal,” terangnya saat ditemui isknews.com, setelah sosialisasi tarif cukai hasil tembakau, beberapa waktu lalu.

Imam menambahkan, dari hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti berupa 200 ribu batang rokok tanpa dilengkapi pita cukai senilai Rp 143 juta. Dan diperkirakan total potensi kerugian negara berupa cukai yang tidak dibayar sebesar Rp 74 juta.

Selain Barang bukti, KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus, juga mengamankan sopir kendaraan yang berinisial AS (34) dan kenek kendaraan, SZ (34). “Mereka akan dimintai keterangan lebih lanjut,” tegasnya. (AJ/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :