Bea Cukai Kudus Amankan Rokok Tanpa Pita Cukai Senilai Rp 960 Juta

Bea Cukai Kudus Amankan Rokok Tanpa Pita Cukai Senilai Rp 960 Juta

Kudus, isknews.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus belum lama ini mengamankan rokok sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai berupa Rokok SKM sebanyak 960.000 batang dengan total perkiraan nilai barang sebesar Rp 960.000.000. Hal itu dikatakan Iman Prayitno, Kepala Kantor KPPBC TMC Kudus saat menggelar jumpa pers, Senin, (4/12/17).

Dikatakannya, Dengan jumlah tersebut diatas, Total Potensi Kerugian Negara mencapai Rp 362.880.000. “KPPBC terus menindak peredaran dan produksi barang kena cukai (BKC) ilegal, maupun Penanganan Cukai Beresiko Tinggi (PCBT),” katanya.

Sebab, jika tidak diawasi, maka di sektor penerimaan akan terganggu, Tidak hanya pengusaha kecil, akan tetapi yang besar juga terpengaruh imbasnya. Lebih lanjut, Pihaknya berpesan kepada semua pihak yang mengetahui adanya dugaan pelanggaran, diharapakan untuk melapor ke Kantor Bea Cukai terdekat.

TRENDING :  HUT PGRI Ke-72 : Kudus Butuh Guru Yang Inspiratif

“Terlebih, untuk urusan tertib legalitas, perijinan atau dugaan kelompok atau komunitas yang mencurigakan terkait pelanggaran bea cukai, seperti halnya, penjual minuman keras tanpa dilengkapi stiker dari bea cukai berarti itu ilegal,” ungkapnya dihadapan para awak media.

Terkait penindakan beberapa waktu lalu, Dirinya menceritakan, kronologi penangkapan terjadi pada hari selasa 28 November 2017 sekitar pukul 02.00 dini hari, saat tim Intelijen dan Penindakan KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus memperoleh informasi tentang adanya pengiriman Barang Kena Cukai (BKC) berupa Hasil Tembakau yang diduga ilegal menggunakan sebuah Truk Barang merek Mitsubishi Colt Diesel warna Kuning Kombinasi dengan nomor polisi AB-8251-AC dari wilayah Kabupaten Jepara.

TRENDING :  Jalan Lingkar Mijen – Klumpit Sudah “Nyambung”

Atas infomasi tersebut, Tim Seksi Intelijen dan Penindakan melakukan operasi tertutup di Jalan yang menghubungkan Jepara Kudus, Jepara Pati, dan Jepara Demak. Pada pukul 00.40 WIB tim Seksi “Intelijen dan Penindakan mendapati sarana pengangkut dengan ciri-ciri sebagaimana infomasi tersebut berjalan menuju ke arah Semarang melalui jalan Raya Kudus-Demak.

Selanjutnya, Tim Intelijen dan Penindakan KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus segera melakukan penghentian terhadap sarana pengangkut tersebut, dan kemudian melakukan pemeriksaan awal. Dari hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti berupa Rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai.

TRENDING :  Pencemaran 'Sungai Dawe' Resahkan Warga, Ternyata Ini Penyebabnya

Untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut, sarana pengangkut serta barang bukti diamankan ke KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus beserta sopir kendaraan yang berinisial N (29 tahun) dan kenek kendaraan yang berinisial R (21 tahun) untuk dimintai keterangan lebih lanjut. (AJ).

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post