Beasiswa Anak Asuh: Babak Baru Peningkatan Kualitas Panti Asuhan

Beasiswa Anak Asuh: Babak Baru Peningkatan Kualitas Panti Asuhan

Tahun 2016, Program Peningkatan Panti Asuhan dari Bakti Sosial Djarum Foundation memasuki babak baru dengan program beasiswa bagi anak asuh di delapan panti asuhan mitra Djarum Foundation. Pada angkatan pertama tercatat sebelas anak asuh mendapatkan beasiswa. Penyerahan sekaligus inagurasi penerima beasiswa Angkatan I/2016 dilaksanakan di Main Office – Oasis Djarum Kretek Factory, Kudus tanggal 1 September 2016.

Sebelas anak asuh penerima beasiswa memperoleh beasiswa penuh dari Bakti Sosial Djarum Foundation hingga menyelesaikan studi di kelas XII. Tak hanya menerima beasiswa, mereka akan mendapatkan pelatihan-pelatihan khusus yang diharapkan menjadi bekal di masa depan.

Beasiswa Anak Asuh – Sumbangsih Sosial Djarum Foundation (SSDF) diberikan kepada anak asuh yang bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Bakti Pendidikan Djarum Foundation. Program Beasiswa ini sekaligus menjadi pertautan program antara Bakti Sosial Djarum Foundation dan Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Pemilihan SMK bagi anak asuh didasarkan atas pertimbangan bahwa SMK binaan Bakti Pendidikan Djarum Foundation merupakan sekolah berkualitas. Di Kudus, Bakti Pendidikan Djarum Foundation terus membantu SMK dengan jurusan prospektif memiliki fasilitas pengajaran terbaik dan pendidik yang kapabel.

“Program beasiswa Djarum Foundation bagi anak Panti Asuhan di Kudus sangat membantu sekali bagi anak, khususnya, dan bagi Panti pada umumnya. Tapi selain itu yang lebih utama, anak-anak bisa memiliki paradigma kemandirian setelah paska purna asuh binaan Panti dengan mengenyam pendidikan SMK yang berbasis kemandirian usaha bagi anak-anak asuh, “ ujar Julal Umam, Ketua Forum Komunikasi Panti Asuhan (FKPA) Kudus.

“Kami atas nama keluarga besar FKPA Kudus sangat mengapresiasi Djarum Foundation yang mempunyai program beasiswa kepada anak secara langsung, sehingga melatih jiwa kedisiplinan dan kemandirian bagi diri mereka,” tambahnya.

Pengarahan anak asuh agar bersekolah di SMK menjadi alternatif terbaik agar memiliki bekal yang cukup bila mereka telah keluar dari Panti Asuhan. Jurusan Peminatan yang dipilih juga merupakan jurusan yang lulusannya diproyeksikan memiliki ‘nilai jual’ tinggi seperti: Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Piranti Lunak, Teknik Pemesinan, dan Tata Busana.

 

Jalannya Acara

Pemberian beasiswa dengan tajuk “Inagurasi Beasiswa Anak Asuh – Sumbangsi Sosial Djarum Foundation” dilaksanakan dengan mengundang seluruh anak asuh usia remaja di delapan Panti Asuhan mitra Djarum Foundation. Tak kurang 150 anak asuh hadir beserta pengurus Panti Asuhan.

Hadir pula Kepala Sekolah dan Kepala Jurusan masing-masing SMK tempat para penerima beasiswa bersekolah. SMK NU Bannat, SMK NU Ma’arif, SMK Assaidiyyah dan SMK Raden Umar Said, Kudus.

Kehadiran pihak sekolah dan pengurus Panti Asuhan merupakan bentuk hubungan pengasuhan yang diharapkan Djarum Foundation menjadi orang tua yang lengkap bagi anak asuh. Dimana Sekolah-Panti Asuhan-Djarum Foundation menjadi pembimbing yang saling membahu untuk membantu anak asuh mendapatkan bekal cukup demi masa depannya.

Sebelum prosesi penyerahan beasiswa, para anak asuh berkesempatan mengikuti Talk Show Motivasi yang dipandu Eko Kurniawan (Komedian dan Motivator) dengan pembicara Agi Sugiyanto (Entrepreuner). Sosok Agi Sugiyanto menjadi inspirasi bahwa seorang anak yatim piatu dengan kondisi ekonomi yang kurang beruntung bisa meraih prestasi tinggi dan justru kini bisa memperkerjakan lebih dari 500 tenaga kerja di berbagai bidang usaha yang dimilikinya.

 

Program Peningkatan Panti Asuhan

Diluncurkannya Program Beasiswa Anak Asuh – SSDF, melengkapi program peningkatan kualitas panti asuhan yang dijalankan sejak tahun 2014. Diawali dengan renovasi fisik di delapan panti asuhan, kemudian berkembang dengan pelatihan kebersihan dengan penerapan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin).

Pada perjalanannya Program juga dikembangkan ke pemantauan kesehatan pribadi dengan pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan dokter-dokter perusahaan (mitra PT Djarum). Diikuti dengan pemberian kacamata gratis. Termasuk mendorong peningkatan kualitas menu makan dengan pelatihan setiap bulan bekerjasama dengan SMK Tata Boga binaan Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Program juga mendorong peningkatan motivasi anak asuh dengan cara pemberian kelas motivasi serta pemutaran film motivasi secara berkala dalam Kine Klub Anak Sholeh.(Adv.)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post