Begini Janji DPRD Pati Bangun Jembatan Puncel

oleh
Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Pati dengan Desa Clering, Kecamatan Donorjo, Jepara diperbaiki setelah slingnya putus, beberapa waktu lalu. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Keinginan masyarakat Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti yang berbatasan dengan kabupaten tetangga, Jepara agar jembatan Puncel yang putus slingnya diperbaiki, mendapat respon DPRD Pati. Pihaknya berjanji mengupayakan pembangunan jembatan yang lebih besar untuk menggantikan jembatan gantung.

“Bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) kami akan segera membuat pengajuan usulan pembangunan jembatan lebih besar ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Mudah-mudahan mendapat respon positif,” ujar Ketua Komisi C DPRD Pati Awi seusai meninjau jembatan gantung di Puncel yang rusak, baru-baru ini.

TRENDING :  Asosiasi Driver Online Jateng Tanggapi Penolakan Angkutan Berbasis Aplikasi

Pekan lalu, jembatan yang menghubungkan Puncel dengan Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Jepara mengalami kerusakan. Salah satu sling utama putus dan mengakibatkan belasan orang yang tengah berada di atas jembatan menjadi korban. Sebagian besar dari mereka tercebur di Sungai Pasokan yang membentang di bawahnya. Semua korban selamat dan hanya mengalami luka dalam kejadian yang bertepatan dengan perayaan tradisi sedekah laut itu.

Awi mengemukakan, hasil koordinasi pihaknya dengan DPUTR Pati menunjukkan, bahwa jembatan gantung di Puncel bukan merupakan infrastruktur utama yang menghubungkan desa tersebut dengan kabupaten tetangga. Terdapat akses jalan dan jembatan yang lebih besar, tetapi jaraknya delapan kilometer dari Puncel dan Clering.

TRENDING :  Temukan Bus AKAP Tak Laik Jalan Saat Cek Kendaraan di Terminal

“Sebenarnya pengusulan jembatan gantung ditingkatkan menjadi jembatan yang lebih besar beberapa kali disampaikan ke Pemprov Jateng. Kemungkinan belum masuk skala prioritas,” katanya.

Kendati demikian, politisi Partai Gerindra ini merencanakan untuk mengajukan lagi. Upaya audiensi dengan jajaran Pemprov Jateng juga bakal ditempuh.

TRENDING :  Warga Kauman Ditemukan Tak Bernyawa di Jalan KH Wahid Hasyim

Lebih lanjut dia menjelaskan, harapan masyarakat itu cukup berdasar. Mengingat, jembatan penghubung yang ada saat ini sangat dibutuhkan. Jika diganti dengan yang lebih representatif maka akan lebih menggairahkan perekonomian warga di wilayah perbatasan tersebut.

“Di Puncel ada pasar dan TPI. Ini mungkin bisa jadi pertimbangan. Apalagi jembatan gantung telah berumur 25 tahun sehingga layak untuk dibangun kembali jembatan baru agar tidak terjadi insiden lagi dengan korban warga,” paparnya. (IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :