Begini Kondisi Pasar Kliwon Sejak Tenaga Kebersihannya Habis Masa Kontrak

oleh
Begini Kondisi Pasar Kliwon Sejak Tenaga Kebersihannya Habis Masa Kontrak
Foto: Terlihat kondisi lantai pasar kliwon yang kotor sejak tidak adanya tenaga kebersihan yang masa kontraknya telah habis. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kondisi Pasar Kliwon Kudus nampak kotor sejak tidak adanya tenaga kebersihan yang masa kontraknya telah habis per 31 Agustus 2018 lalu. Sebanyak 88 tenaga kebersihan pasar dan 4 orang sopir truk sampah habis kontrak menjadi tenaga outsourcing oleh Dinas Perdagangan Kudus.

“Sebanyak 92 orang outsourcing yang terdiri dari 88 tenaga kebersihan pasar dan 4 orang sopir armada sampah sudah selesai masa kontraknya akhir Agustus 2018,” jelas Kasi Pasar Daerah pada Dinas Perdagangan Kudus, Moh Kaden, Selasa (4/9/2018).

TRENDING :  Persijap Hempaskan Persip 2-0

Mereka melakukan pekerjaan sesuai kontrak dengan rekanan yakni PT. Spirit Krida Indonesia hanya 6 bulan, yang dimulai Maret – Agustus. Sementara 88 tenaga kebersihan pasar itu didistribusikan ke Pasar Kliwon 34 orang, Pasar Bitingan 23 orang dan pasar-pasar lainnya 31 orang. Adapun anggaran saat itu sebesar Rp1,97 miliar.

TRENDING :  Kepala Pasar Trangkil Bantah Tuduhan Intimidasi Para Pedagang

Kaden menjelaskan, Pihaknya juga sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp. 910.800.000 untuk jangka waktu 4 bulan berikutnya dari September – Desember 2018 dalam APBD Perubahan. Namun hingga kini APBD Perubahan belum dibahas, maka tenaga kebersihan outsourcing diputus kontrak karena memang hanya berjalan 6 bulan.

Lebih lanjut, Karena di pasar Kliwon saat ini tidak ada tenaga kebersihan selain dari tenaga outsourcing, maka pihak Dinas meminta petugas dari PNS dan PHD untuk mengganti sementara posisi tenaga kebersihan di pasar, meskipun hasilnya tidak maksimal.

TRENDING :  Pabrik Penggilingan Batu CV.Citra Batu Diakui DLH Pati Sesuai Dokumen Lingkungan

Hal itu dilakukan sambil menunggu pembahasan kembali APBD Perubahan terkait tenaga kebersihan pasar yang berstatus outsourcing. Kaden meminta kepada para pedagang khususnya di Pasar Kliwon agar ikut menjaga kebersihan di sekitar kios atau tempat berjualan masing-masing. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :